Wisata Pulau Karang Di Pantai Papuma Jember

In Jawa Timur
source:flickr.com
source:flickr.com
source:dyahkyaaagustini.blogspot.com
Written by Aditya Tri Hutama Posted 3rd December 2013, 1:37am
Rate this article 

Kabupaten Jember Jawa Timur ternyata menyimpan sebuah pantai nan eksotis yang belum terjamah banyak wisatawan lokal maupun luar negeri, nama dari pantai ini adalah Pantai Papuma. Pantai yang terletak di Desa Lojejer, Kecamatan Wuluhan ini dikenal unik dan berbeda dengan beberapa pantai favorit wisatawan Indonesia. Pantai Papuma Jember menyimpan beragam keindahan mulai dari pasir putih, batuan karang nan indah menjulang tinggi hingga jajaran pulau karang yang melindungi pantai ini dari terjangan ombak. Pantai Papuma bisa menjadi alternatif Anda untuk berlibur dan melengkapi daftar pantai di Indonesia yang terkenal dengan ragam keeksotisannya.

Pantai Papuma menyajikan hamparan pasir putih dan deburan ombak yang cukup besar seperti pantai di kawasan selatan pada umumnya. Di pantai ini Anda dapat merasakan sensasi melihat pulau-pulau karang besar di tengah laut yang mengitari pantai ini. Pulau-pulau karang ini juga bertugas memecah ombak yang ada di lepas pantai tersebut, sehingga arus ombak yang sampai di tepi pantai akan kecil. Ada 6 buah pulau karang di pantai ini dan semuanya diberi nama tokoh pewayangan tempo dulu, di antaranya Pulau Karang Kresna, Bathara Guru, Nusa Barong, Kajang, Narada dan Pulau Karang Kodok.

Jika Anda masih tetap penasaran ingin melihat secara luas pemandangan yang ada di Pantai Papuma, Anda bisa berlayar dengan perahu sewaan menuju batu karang tertinggi di lepas pantai ini. Batu karang ini biasa disebut Siti Hinggil atau dalam Bahasa Indonesia berarti Dataran Tinggi. Dari ketinggian lebih dari 50 Mdpl, Anda dapat melihat sekeliling pantai dan pemandangan wisata gua kelelawar serta tentunya yang tak kalah indah adalah menyaksikan sunset di atas batu karang tinggi. Sering pula ditemui pasangan yang melakukan foto pre-wedding dari spot yang sangat bagus ini, pengalaman dan sensasi yang tidak ternilai harganya.

Jika Anda masih belum puas dengan wisata pemandangan laut dan pulau karang, Pantai Papuma juga menyajikan wisata cagar alam berupa hutan hujan tropis dan arena outbond menantang untuk para petualang yang ingin memacu adrenalin.

Akses menuju Pantai ini bisa ditempuh sekitar 45 km ke arah selatan Jember, Anda bisa menggunakan mobil ataupun motor. Diusahakan juga tidak menggunakan angkutan umum karena aksesnya masih belum ada. Semua jenis kendaraan bisa melalui jalan menuju Pantai Papuma, tetapi disarankan bagi pengemudi untuk berhati-hati karena kondisi jalan yang masih bergelombang dan juga berkelok-kelok. Dibutuhkan kehati-hatian ekstra selama perjalanan menuju pantai ini.

Do you have a picture of this article? Share it from your Instagram!