Wisata Edukasi Dan Konservasi Badak Jawa Di Ujung Kulon

In Banten
source:http://indonesia.travel
source:http://indonesia.travel
Written by Aditya Tri Hutama Posted 6th June 2014, 6:45am
Rate this article 

Rhinoceros Sondaicus adalah nama lain dari badak khas Jawa. Badak ini adalah hewan endemik asli yang ada di Pulau Jawa. Habitat hewan yang sudah hampir punah ini tergolong sangat langka dan jarang sekali bisa ditemui di tempat lain. Hanya ada satu tempat di Indonesia yang masih mempunyai kesan historis dengan hewan yang dikabarkan jumlahnya terus berkurang ini. Suaka margasatwa terakhir bagi badak jawa hanya ada di Taman Nasional Ujung Kulon, di sini adalah tempat tinggal dan habitat badak jawa bersama 60 ekor badak lainnya.

Dengan jumlah habitat yang terus menurun, Taman Nasional Ujung Kulon menjadi ujung tombak sebagai habitat kawanan badak jawa. Hewan dengan sifat pemalu ini sangatlah sulit ditemui, hanya beberapa saja yang sering terlihat mondar-mandir di Taman Nasional Ujung Kulon. Butuh kesabaran ekstra bagi para pengunjung yang ingin menyaksikan dari dekat kawanan badak jawa yang sedang beraktifitas. Biasanya para kawanan badak bisa terlihat pada malam hari.

Taman nasional ini bisa dikatakan sebagai obyek wisata edukasi bagi para turis yang datang. Dengan segala hal yang ada di dalamnya, pengunjung bisa  mendapatkan banyak pengetahuan sekaligus menikmati keindahan alam di sekitar taman nasional. Kegiatan memantau aktifitas badak akan menjadi kegiatan yang unik sekaligus langka yang bisa Anda lakukan di sini. Selain badak dan kehidupan sehari-harinya, di Taman Nasional Ujung Kulon ini Anda juga bisa belajar banyak mengenai keanekaragaman hayati yang ada di hutan tropis Taman Nasional Ujung Kulon. Tercatat ada 700 tumbuhan endemik yang masih terjaga di taman nasional ini.

Selain badak jawa, Suaka Margasatwa Ujung Kulon juga memiliki satwa langka lainnya seperti rusa, macan tutul, kucing batu, owa, lutung, ajag, surili dan banteng. Dengan semua keanekaragaman serta masih terjaganya ekosistem dan lingkungan di taman nasional ini, tak ayal jika UNESCO memberikan apresiasi dengan menetapkan Ujung Kulon menjadi Situs Warisan Dunia pada tahun 1992. Banyak hal yang bisa Anda dapatkan dari berwisata edukasi di tempat ini. Ajak keluarga Anda untuk bersama-sama menikmati keindahan alam dan menyaksikan satwa langka yang dimiliki Indonesia.

Do you have a picture of this article? Share it from your Instagram!