Wisata Danau Ranau - Pesona Keindahan Alam yang Memanjakan Wisatawan

In Sumatera Selatan
source:abitaku.blogspot.com
source:wahw33d.blogspot.com
source:wahw33d.blogspot.com
Written by Nena Nikita Posted 12th February 2014, 3:08am
Rate this article 

Danau Ranau, sebuah danau yang anggun membentang dengan luas permukaan 125,9 km dengan kedalaman yang mencapai sekitar 174 m. Danau ini awalnya terbentuk dari letusan vulkanik gunung berapi yang kemudian membelah permukaan bumi dan membentuk sebuah cekungan besar seperti jurang menganga. Setelah kejadian itu, sungai besar yang mengalir di kaki gunung berapi kemudian menjadi sumber air utama yang mengisi cekungan raksasa ini. Lama-kelamaan aliran sungai ini akhirnya memenuhi cekungan hingga menjadi sebuah danau dengan pemandangan alam yang memukau. Di sekitar danau kemudian banyak ditumbuhi pohon yang disebut masyarakat sekitar dengan pohon ranau. Karena banyaknya pohon ranau yang tumbuh di sekitarnya inilah danau ini dinamakan Danau Ranau!

Tak dapat dipungkiri, keindahan Danau Ranau banyak menjadi alternatif wisatawan untuk memanjakan dirinya dalam berwisata dan bertualang. Hingga saat ini, Danau Ranau menjadi salah satu obyek wisata andalan dan kebanggaan di Provinsi Sumatera Selatan. Danau ini menjadi danau terbesar kedua di Sumatera Selatan, terletak di perbatasan antara Kabupaten Lampung Barat dan Kabupaten Ogu komering.

Danau ini dikelilingi perbukitan yang hijau, sehingga sejauh mata memandang, Anda akan dimanjakan dengan pesona alam yang indah dan memukau. Karena banyaknya ikan yang hidup di dalam danau ini, Anda akan menemui para nelayan yang mencari ikan untuk ditangkap sebagai sumber kehidupan mereka.

Gunung berapi yang dulu menjadi penyebab terbentuknya Danau Ranau hingga kini tetap berdiri kokoh pada sisi danau. Gunung tersebut dinamakan Gunung Seminung. Gunung ini juga menjadi salah satu pesona keindahan tersendiri di danau ini.

Untuk mencapai danau ini pengunjung dapat menempuhnya selama 7-8 jam dari Kota Palembang. Cukup melelahkan, namun setelah sampai di lokasi, pengunjung akan langsung dapat memesan tempat penginapan dan mulai menjelajahi keindahan alam Danau Ranau. Setelah pengunjung puas menikmati keindahan danau, pengunjung dapat juga menikmati pemandian kolam air panas di bawah kaki Gunung Seminung dan Air Terjun Subik.

Do you have a picture of this article? Share it from your Instagram!