Wisata Bersejarah Manusia Perahu Di Pulau Galang

In Riau
source:eddymesakh.wordpress.com
source:kitadankota.wordpress.com
source:kompasiana.com
source:kompasiana.com
Written by Aditya Tri Hutama Posted 9th February 2014, 12:00am
Rate this article 

Di tahun 1980an ada satu pulau di kawasan Kepulaun Riau yang menjadi terkenal di dunia karena kasus ribuan manusia perahu asal Vietnam yang mengungsi dan mendiami salah satu pulau di Indonesia ini. Nama dari pulau ini adalah Pulau Galang, di pulau kecil ini dulunya menjadi pulau singgah untuk 5000an lebih pengungsi asal Vietnam yang merantau secara ilegal menuju Indonesia karena perang yang terjadi pada waktu itu.

Dan sekarang pulau yang menjadi saksi bisu para pengungsi Vietnam ini menjadi salah satu tempat obyek wisata populer di dunia. Di pulau ini Anda bisa merasakan kembalinya kejadian tahun 1980 tersebut dengan melihat sisa-sisa kehidupan para Pengungsi Vietnam tersebut. Anda akan banyak melihat beberapa saksi bisu berupa infrastruktur yang dibangun di pulau ini, mulai dari sekolah, gereja, barak-barak pengungsian, hingga peninggalan perahu-perahu yang digunakan para pengungsi tersebut berlayar di Laut Cina Selatan.

Di Pulau Galang ini Anda akan mendapati wisata sejarah tentang sisa kehidupan manusia perahu Vietnam yang bermukim di sini dahulu kala. Anda akan mendapati penjelasan mengenai kehidupan sehari-hari para pengungsi yang ada di sini. Di dalam sebuah gedung yang dulunya digunakan sebagai kantor salah satu badan PBB yaitu UNHCR, Anda dapat melihat foto-foto sejarah ribuan pengungsi Vietnam yang pernah tinggal di pulau ini.

Di pulau berpasir putih ini, sejarah pernah tercetak dengan tragedi yang sangat memilukan. Beberapa monumen dan peninggalan sejarah masih dapat terlihat di kawasan pulau ini. Salah satu yang menjadi daya tarik wisatawan adalah monumen perahu, yakni sisa peninggalan perahu kecil yang digunakan para pengungsi untuk berlayar. Dulunya ketika berlayar perahu kecil ini diisi hingga 100 orang lebih!

Jika Anda sedang mengunjungi Kepulauan Riau sempatkanlah untuk singgah di Pulau Galang, dijamin Anda akan merasakan suasana berbeda di kala memasuki kawasan pulau ini. Berwisata di tempat bersejarah seperti ini akan terasa istimewa untuk menambah pengetahuan akan sejarah di masa lalu.

Do you have a picture of this article? Share it from your Instagram!