Wisata Alam Umbul Sidomukti - Tempat Berendam di Atas Awan

In Jawa Tengah
source:lensakoe.wordpress.com
source:lensakoe.wordpress.com
source:aliandr4.blogspot.com
Written by Riyan Adiyahasya Posted 21st November 2013, 4:26am
Rate this article 

Di salah satu dataran tinggi di Semarang, terdapat sebuah tempat wisata yang sangat indah. Objek wisata alam Umbul Sidomukti merupakan tempat rekreasi yang berada di tengah alam pegunungan yang elok. Umbul Sidomukti sangat unik selain karena berada pada ketinggian 1200 m dpl, tempat ini juga terkenal karena adanya kolam bertingkat yang posisinya tepat di atas lereng gunung. Kolam alami ini disebut-sebut sebagai yang tertinggi di Indonesia.

Objek wisata alam Umbul Sidomukti memang seolah menjadi tempat rekreasi di atas awan. Sepanjang mata memandang, Anda bisa melihat pemandangan Kota Semarang yang sangat elok. Komplek wisata ini memiliki luas 32 hektar dan berada di lereng Gunung Unggaran. Dengan mengusung konsep ?gREAL?h (Recreation, Education, Advanture and Leisure), Umbul Sidomukti menawarkan beragam fasilitas dan aktifitas yang menyatu dengan alam. Tempat ini memang sangat difavoritkan sebagai tujuan wisata untuk keluarga.

Daya tarik tempat ini memang tertuju pada kolam dengan model terbuka di tepi lereng gunung. Seraya bersantai di kolam, sepanjang mata memandang terpampang pemandangan alam Gunung Unggaran yang keindahannya sungguh memesona. Selain itu, kolam ini pun didesain tradisional dan terbuka untuk memberi kesan alami. Dinding kolamnya pun tersusun dari tumpukan batu alam dan sumber airnya pun langsung dari mata air pegunungan.

Selain kolam eksotis di lereng gunung, masih banyak fasilitas dan aktifitas yang ditawarkan wisata alam Umbul Sidomukti. Kegiatan di alam lainnya seperti berkemah, outbound, atau menikmati wahana adrenalin seperti flying fox yang melintasi lembah sedalam 70 m dan jembatan tali (Marine Bridge) di atas sebuah jurang sedalam 30 m. Selain itu, tersedia juga jalur-jalur trekking seperti River up trekking, Deep valley trip, hill walking, tea garden trekking, hingga trekking untuk menaklukan puncak Gunung Unggaran.

Bagaimana cara menuju Umbul Sidomukti?

Objek wisata Umbul Sidomukti ini secara administratif terletak di Desa Sidomukti, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang. Untuk mencapai lokasi wisata cukup mudah, dibutuhkan waktu 40-60 menit dari pusat kota Semarang. Dari Semarang, terlebih dahulu Anda bisa naik kendaraan umum atau sewaan menuju Pasar Jimbaran, Bandungan. Sesampainya di Pasar Jimbaran, arahkan kendaraan Anda ke arah kanan dan dilanjutkan sejauh 4 km mengikuti penunjuk arah untuk sampai di lokasi tempat wisata.

Do you have a picture of this article? Share it from your Instagram!