Way Kambas - Tempat Gajah Bersekolah

In Lampung
source:www.cerita.kbatur.com
source:www.travel.detik.com
source:www.boston.com
source:www.siesfund.org
Written by Gevintha Karunia Maully Posted 7th August 2013, 12:00am
Rate this article 

Sering melihat atraksi gajah di taman hiburan? Ingin melihat proses gajah-gajah tersebut berlatih hingga bisa menjadi sehebat itu? Tempat ini mungkin bisa menjadi salah satu tujuan wisata Anda.

Taman Nasional Way Kambas adalah sebuah taman nasional yang berlokasi di Provinsi Lampung. Way Kambas merupakan pusat perlindungan gajah yang namanya sudah cukup dikenal. Selain melindungi satwa berbelalai ini, di taman ini juga mereka dilatih sehingga mereka bisa bertingkahlaku layaknya manusia.

Way Kambas merupakan sekolah gajah pertama di Indonesia. Hingga saat ini, Way Kambas setidaknya telah melatih 300 ekor gajah yang telah tersebar ke seluruh penjuru Indonesia. Selain fokus terhadap perlindungan gajah, taman nasional yang didirikan pada tahun 1985 ini juga peduli terhadap konservasi satwa lain seperti, badak, harimau, mentok rimba, buaya sepit, dan berbagai jenis burung. Satwa-satwa tersebut merupakan satwa yang dilindungi oleh pemerintah karena jumlahnya yang sudah tidak banyak lagi. Tidak hanya fauna, taman nasional ini juga merupakan rumah bagi beberapa flora yang juga dilindungi keberadaannya, seperti pidada, nipah, pandan, dan api-api.

Di taman nasional ini, Anda bisa menikmati safari gajah, yaitu menelusuri hutan dengan menaiki gajah yang telah dilatih. Selain itu, Anda juga bisa melihat atraksi gajah seperti bermain bola, menari, melukis, hingga berhitung.

Anda tidak perlu khawatir masalah akomodasi. Di Way Kambas, fasilitas yang disediakan sudah cukup lengkap, dari penginapan hingga restoran. Penginapan yang tersedia pun cukup beragam, dari hostel, resort, cottage, hingga perkemahan. Anda tinggal memilih sesui budget yang telah Anda siapkan.

Bagaimana cara menuju Way Kambas?

Way Kambas berlokasi di Kabupaten Lampung Timur. Lokasinya tidak terlalu jauh dari Bandar Lampung, dibutuhkan waktu sekitar dua jam dari Bandar Lampung menuju Taman Nasional Way Kambas. Untuk menuju Way Kambas, Anda bisa menggunakan bus dari Terminal Rajabasa, Bandar Lampung, menuju arah Way Jepara, lalu turun di Gajah Batu, Desa Rajabasa Lama. Dari situ, perjalanan dilanjutkan menggunakan ojek menuju Way Kanan atau Pusat Pelatihan Gajah. Lokasi ini merupakan pintu masuk Taman Nasional Way Kambas.

Do you have a picture of this article? Share it from your Instagram!