Wakatobi - Surganya Para Penyelam

In Sulawesi Tenggara
source:http://www.diversiondivetravel.com.au
source:http://dewisaraswati26.blogspot.com
source:http://indoexland.blogspot.com
source:http://www.wakatobi.com
source:http://www.scubatravel.se
Written by Riyan Adiyahasya Posted 15th March 2013, 12:00am
Rate this article 

Tak kalah dengan Raja Ampat, surga bawah laut paling indah di dunia juga ada di Wakatobi. Letaknya yang masuk dalam wilayah Segitiga Karang Dunia menjadikan tempat ini surga bagi para penyelam.

Surga bawah laut ini baru diresmikan pemerintah sebagai Taman Nasional pada tahun 1996. Terletak di Kabupaten Wakatobi, Provinsi Sulawesi Tenggara, Indonesia. Wakatobi terdiri dari empat pulau utama, yaitu Wangi-wangi, Kalidupa, Tomia, dan Binongko. Di kepulauan tersebut terdapat 750 dari total 850 spesies koral yang ada di dunia!

Pariwisata bahari adalah aktivitas wisata utama dan merupakan pariwisata andalan di Taman Nasional Kepulauan Wakatobi. Kekayaan biota laut ini tidak lain karena hamparan terumbu karang yang sangat luas di sepanjang perairan. Taman Nasional Wakatobi yang memiliki 25 gugusan terumbu karang ini kurang lebih mempunyai 29 spot untuk menyelam. Spot menyelam tersebut banyak terdapat di Pulau Hoga, Pulau Binongko, dan Resort Tamia.

Potensi wisata bahari di Wakatobi bukan hanya itu. Di Pulau Tolandona, terdapat keunikan taman laut yang melingkar dengan indah. Jika beruntung, penyelam dapat menemui penyu sisik, penyu tempayan, dan penyu lekang. Wakatobi juga menjadi rumah bagi ikan pari Manta (Manta ray) yang langka dan ukuran tubuh yang tergolong besar.

Yang lebih istimewanya, perairan Taman Nasional Wakatobi memiliki tamu setia, tamu itu tidak lain dan tidak bukan adalah ikan paus sperma (Physeter macrocephalus). Biasanya, kawanan paus sperma berada di perairan Wakatobi pada bulan November. Pada bulan tersebut perairan Wakatobi relatif lebih hangat dan berlimpahan pakan yang bisa mengenyangkan perut kawanan paus.

Selain diving dan snorkeling, wisatawan juga dapat menikmati atraksi lumba-lumba, melihat panorama sunset atau sunrise di pulau Hoga, dan budidaya rumput laut di Pulau Kaledupa dan Wangi-wangi.

Akses

Untuk mencapai ke Wakatobi, pilihan terbaik adalah melalui jalur udara. Tersedia penerbangan Express Air yang berangkat dari Makassar menuju Pulau Wangi-wangi setiap harinya, pemberangkatan kurang lebih pukul 08.00 WITA.

Do you have a picture of this article? Share it from your Instagram!