Vihara Tri Dharma - Wihara Tertua di Kota Singkawang

In Kalimantan Barat
source:http://www.wikipedia.org
source:http://www.panoramio.com
Written by Rendyadi Amnar Posted 10th July 2013, 4:51am
Rate this article 

Kota Singkawang merupakan kota eksotis yang berada di Provinsi Kalimantan Barat. Kota ini memiliki julukan "Kota seribu klenteng" karena banyaknya wihara yang terdapat di dalamnya. Ya, kota ini banyak memiliki wihara karena banyaknya penduduk Tionghoa yang memeluk agama Buddha.

Dengan begitu banyaknya wihara di kota ini, terdapat sebuah wihara tertua yang layak Anda kunjungi, yakni Vihara Tri Dharma Bumi Raya. Wihara yang terletak di jantung Kota Singkawang ini jelas menampakkan kesan tua dan kayu-kayu penyangga yang terdapat di dalamnya pun memberikan kesan tua bagi para pengunjung yang melihatnya. Nuansa merah terlihat sangat mendominasi wihara tua yang memesona ini. Wihara yang juga dikenal dengan nama Tua Pek Kong ini berusia lebih dari 200 tahun. Bahkan ada pula pendapat yang menyatakan bahwa usia wihara ini sama dengan usia kedatangan kaum Tionghoa ke kota ini. Namun sangat disayangkan, kebakaran yang pernah melanda bangunan bersejarah ini telah membuat keseluruhan bangunan direnovasi secara total sehingga bangunan yang ada saat ini bukan bangunan orisinalnya.

Vihara Tri Dharma dipercaya sebagai tempat berdiamnya Dewa Bumi Raya, dimana Dewa ini dipercaya sebagai Dewa yang menjaga Kota Singkawang. Dalam ruangan pertama di wihara ini, terdapat lantai utama berukuran sekitar 5x5 meter yang memiliki fungsi sebagai tempat sembahyang bagi umat Buddha. Fokus bersembahyang akan semakin terasa karena didukung oleh ornamen dan kultur Tionghoa yang kental. Tepat di sebelah kiri, kanan dan tengah ruangan, Anda akan menjumpai patung Dewa-dewi yang diagungkan oleh masyarakat Tionghoa. Cahaya lilin yang terus menerangi ruangan serta dominasi warna keemasan dan merah menciptakan sebuah kombinasi yang memukau siapa pun yang datang mengunjungi tempat peribadatan ini.

Bagi Anda yang berkunjung, selain mendapatkan nuansa kuno yang unik dari wihara tertua di Kota Singkawang, Anda juga akan mendapatkan pengetahuan mengenai kepercayaan dari masyarakat Tionghoa Kota Singkawang. Lantas, tak ada salahnya Anda menyempatkan berkunjung ke wihara tua yang menjadi saksi kedatangan etnis Tionghoa ke Kota Singkawang.

Do you have a picture of this article? Share it from your Instagram!