Vihara Chi Kung - Sisi Modern Sebuah Tempat Peribadatan

In Kalimantan Barat
source:http://www.twicsy.com
source:http://www.panoramio.com
Written by Rendyadi Amnar Posted 31st December 2013, 7:00pm
Rate this article 

Vihara Chi Kung adalah wihara, atau tempat peribadatan bagi umat Buddha, terbesar yang ada di Kota Singkawang. Berbeda dengan Vihara Tri Dharma yang terkesan kuno, wihara ini lebih menonjolkan sisi kemegahan dan kemodernannya. Tanpa melupakan ornamen dasarnya, sentuhan bangunan dengan desain unsur etnis Tionghoa pun sangat menonjol pada bangunan ini.

Menurut kepercayaan, konon Chi Kung hidup sekitar tahun 1130 ? 1209 yang terlahir dengan nama Li Xiuyuan, anak dari Li Maochun. Setelah ditinggal pergi untuk selamanya oleh kedua orangtuanya dan dirasa sudah cukup umur, Chi Kung yang sejak kecil giat membaca kitab Buddah didesak oleh sang paman untuk menikah. Lantas saat akan menikah, Chi Kung pun meninggalkan rumah karena ingin memperdalam agama Buddha.

Klenteng Chi Kung memiliki 3 lantai, dimana pada bagian depan lantai dasar para pengunjung akan disambut oleh sebuah patung Chi Kung raksasa. Jika Anda melanjutkan perjalanan ke lantai 2, Anda akan kembali menemui sebuah patung Chi Kung raksasa. Sementara pada lantai ke 3, Anda akan menemui banyak patung para Dewa lainnya.

Klenteng ini merupakan sebuah klenteng yang sangat bersih dan terawat hingga menjadi salah satu tempat favorit bagi para pemeluk agama Buddha. Ditambah lagi klenteng yang terletak di Jalan Sagatani (Sin Nam, dalam bahasa setempat), Kelurahan Sijangkung, Kecamatan Singkawang Selatan ini terletak tak jauh dari pusat Kota Singkawang sehingga menjadikannya sangat mudah dikunjungi. Anda hanya membutuhkan sekitar 30 menit untuk melakukan perjalanan dari pusat kota hingga tiba di tujuan ini.

Do you have a picture of this article? Share it from your Instagram!