Ullen Sentalu - Menapak Tilas Sejarah Jawa

In Yogyakarta
source:1nd1r4.wordpress.com
source:tripadvisor.com
source:1nd1r4.wordpress.com
Written by Aryo Baskoro Posted 2nd September 2013, 12:00am
Rate this article 

Pada saat kebanyakan orang mendengar kata "Wisata museum" yang tersirat di benak mereka adalah betapa membosankannya wisata tersebut. Akan tetapi lain halnya dengan Museum Ullen Sentalu. Terletak di wilayah Kaliurang, Provinsi Yogyakarta, dan dekat dengan lereng Gunung Merapi, Ullen Sentalu adalah sebuah museum sejarah Jawa yang menawarkan wisata museum yang tidak biasa.

Ullen Sentalu buka setiap hari Selasa sampai dengan Minggu (tutup pada hari Senin) dari pukul 8.30 sampai dengan 16.00. Hanya dengan membayar tiket masuk sebesar Rp. 25.000 pengunjung dapat menikmati keunikan museum ini ditemani dengan pemandu tur (biasanya berbahasa Indonesia) yang akan menceritakan dengan cukup detail mengenai sejarah bangsa Jawa terutama seputar kekuasan Keraton Yogyakarta.

Dimiliki oleh sebuah keluarga yang bernama Haryono yang juga dekat dengan keluarga Keraton Yogyakarta, museum ini mengoleksi berbagai macam benda milik keluarga Keraton Yogyakarta. Mulai dari lukisan-lukisan, foto-foto, benda-benda kesenian sampai dengan surat-surat pribadi putri Keraton yang semuanya tentu saja dapat dipamerkan atas seizin keluarga Keraton Yogyakarta. Selain dari benda-benda koleksi, daya tarik museum ini juga terletak pada pada keseluruhan desain dan lanskap museum yang unik sehingga merupakan obyek foto yang menarik bagi para pengunjung.

Tidak boleh foto selama tur

Satu-satunya hal yang wajib diperhatikan bagi para pengunjung adalah tidak diperkenankannya mengambil gambar dalam bentuk apapun selama tur berlangsung. Biasanya hal tersebut akan diingatkan oleh pemandu sebelum tur dimulai. Hal ini dikarenakan pemilik museum ingin mencegah terjadinya pelanggaran hak cipta terhadap benda koleksi museum. Akan tetapi pengunjung baru diperkenankan untuk berfoto-foto setelah tur selesai.

Jika anda kebetulan tengah berlibur ke Yogyakarta, Ullen Sentalu merupakan salah satu alternatif wisata selain Keraton Yogyakarta, Candi Borobudur dan Candi Prambanan. Selain menawarkan keunikan budaya Jawa, wisata museum Ullen Sentalu merupakan wisata yang cukup edukatif dan tentu saja menyenangkan.

Do you have a picture of this article? Share it from your Instagram!