Ubud - Jendela Budaya dan Seni Bali

In Bali
source:www.indonesia.travel
source:tripadvisor.co
source:emeraldtraveler.com
Written by Riyan Adiyahasya Posted 17th April 2013, 5:34am
Rate this article 

Pulau Dewata Bali tidak hanya unggul dalam soal pariwisata, tetapi juga kaya akan seni dan budaya. Jika Anda ingin berwisata sambil melihat indahnya karya seni serta menyaksikan eloknya budaya Bali, Desa Ubud yang terletak di Kabupaten Gianyar, Bali, secara lengkap menyajikannya untuk Anda. Tempat tersebut menawarkan berbagai keindahan alam, berbagai pentas seni dan budaya, hingga karya-karya seni yang bernilai tinggi.

Ubud dapat dicapai sekitar satu jam perjalanan dari Bandara Ngurah Rai, Bali. Karena letaknya berada di ketinggian 300 m dpl, Ubud menyajikan suasana alam yang menyejukkan dan alami. Tepat bila Anda ingin mencari sebuah inspirasi dan relaksasi. Selama lebih dari delapan puluh tahun, Ubud telah memukau para pelancong dari mancanegara. Bahkan, Ubud menjadi tempat pencarian cinta Elizabeth Gilbert, penulis buku Eat, Pray, Love yang kemudian diangkat menjadi sebuah karya film dengan judul yang sama dan dibintangi aktris Hollywood Julia Roberts.

Ubud sendiri telah menjadi kawasan dengan berbagai fasilitas penunjang pariwisata, mulai dari art shop, restoran, cafe, spa, dan masih banyak lagi. Tiap aktifitas di sana kental hubungannya dengan budaya, alam, dan spiritual, yang akhirnya mampu memberikan kesan mendalam kepada setiap wisatawan. Dapat dikatakan bahwa Ubud merupakan rumah bagi para pelaku seni berkarya, baik itu pelukis, pematung, penari, hingga penulis.

Ada banyak sekali objek-objek wisata yang dapat Anda kunjungi di Ubud. Di antaranya seperti melihat kerajaan Kuno Bali dengan beberapa Pura yang eksotis, tempat purbakala Bedudu, dan Bulan Pejeng yang merupakan genderang prasejarah yang sangat besar. Jika Anda merasa stress dengan rutinitas yang menjemukan, Anda juga bisa memanjakan diri dengan spa dengan menggunakan rempah-rempahnya yang akan menenangkan pikiran. Dan bagi Anda yang berjiwa petualang, Anda bisa bermain arung jeram di Sungai Ayung yang terletak di sebelah Barat Ubud. Aktifitas outdoor lainnya juga terdapat arena golf, kayak, menunggangi gajah di taman gajah, dan melihat sekawanan kera di Monkey Forest.

Semua aktivitas seni sejak dahulu telah mengentalkan suasana Ubud sebagai sebuah desa yang berkesenian. Ubud terkenal dengan lukisan, patung-patung, kerajinan tangan, gamelan, dan tentunya tarian. Banyak lukisan yang menggambarkan keindahan Bali yang dapat Anda lihat di galeri-galeri kecil di seputaran Ubud, ada beragam museum di Ubud seperti Neka art Museum, Lempad Gallery, Museum Puri lukisan, serta Antonio Blanco Gallery.

Untuk Anda yang senang berbelanja, pastikan Anda mengunjungi kawasan Selatan Ubud. Anda dapat menemukan ratusan toko kerajinan tangan yang menawarkan barang-barang seni dan cinderamata hasil karya penduduk lokal, terutama cinderamata yang terbuat dari batu atau kayu.

Do you have a picture of this article? Share it from your Instagram!