Tumbak Sepotong Surga Yang Tersembunyi

In Sulawesi Utara
source:sulawesi-island.com
source:panoramio.com
Written by Nena Nikita Posted 4th September 2014, 11:57am
Rate this article 

Indonesia memang memiliki keindahan alam yang sangat fantastis. Ada banyak sekali tempat wisata yang bisa Anda datangi. Apalagi keindahan laut dan juga kehidupan laut Indonesia yang benar-benar menakjubkan. Saat mendengar kata Bunaken, tentu Anda sudah tidak asing bahkan sudah sangat hafal bahwa Bunaken memang memiliki keindahan alam bawah laut yang sangat indah.

Sebenarnya selain Bunaken, ada juga sebuah desa yang juga memiliki potensi wisata alam yang sangat indah dan masih banyak yang belum mengetahuinya, Tumbak namanya. Desa Tumbak terletak di Kecamatan Posumaen Kabupaten Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara. Untuk mencapai tempat ini dibutuhkan perjalanan selama tiga jam dan dari Kota Amurang.

Tumbak memiliki pulau-pulau kecil dengan pasir putihnya yang tidak akan Anda temukan di Bunaken. Pastinya Anda akan terkagum-kagum  dengan kombinasi birunya langit dipadu dengan hijaunya dedaunan yang memberikan kesan alamiah. Menariknya, Anda dapat mengelilingi hutan mangrove dengan sampan kemudian memancing di pulau-pulau cantik yang berpasir putih seperti pulau bentenan, pulau baling-baling dan pulau ponteng. Yang pasti jangan lupa siapkan kamera Anda, tentunya Anda tidak ingin kehilangan moment untuk mengabadikan kenangan indah bersama teman atau keluarga.

Anda juga bisa menginap di cottage yang berada di tengah laut dan berdekatan dengan hutan mangrove dengan luas setengah hektar. Jarak perkampungan dengan cottage bisa Anda tempuh dengan perahu selama 10 menit. Dari cottage ini, Anda juga bisa melakukan spot diving dan snorkling karena memang ada spot-spot yang biasa digunakan untuk turis untuk melakukan aktivitas ini. 20 titik snorkling dan diving diantaranya adalah napo kipas, bohaga mangrove, bohaga kecil, MFT 1, MFT2, taman karang dan pintu samudra. Pemadangan bawag laut yang indah pastinya membuat Anda beah berlama-lama di bawah air. Sambil menyelam, Anda akan banyak sekali melihat spesies ikan, kuda laut, bahkan beberapa ubur-ubur.

Bagi Anda yang sudah ahli diving maka jangan lewatkan kesempatan untuk melihat kipas laut di kedalaman 3-6 meter. Tapi bagi anda yang belum mahir maka tidak masalah anda akan dibantu oleh pemandu yang sudah berpengalaman. Jika ingin sensasi berbeda maka snorkling di malam hari bisa menjadi pilihan yang tepat di Tumbak.

Do you have a picture of this article? Share it from your Instagram!