Tugu Khatulistiwa - Monumen di Titik Lintang Nol Derajat

In Kalimantan Barat
source:http://kekunaan.blogspot.com
source:http://udadias.blogspot.com
Written by Riyan Adiyahasya Posted 4th June 2013, 12:24am
Rate this article 

Pontianak, adalah salah satu kota dari hanya beberapa kota di dunia yang dilewati garis imajiner khatulistiwa. Karenanya Pontianak menjadi istimewa dan tidak luput dari perhatian masyarakat Indonesia. Ibu Kota Provinsi Kalimantan Barat ini pun menandainya dengan mendirikan sebuah monumen bernama Tugu Khatulistiwa.

Tugu Khatulistiwa atau Equator Monument ini bukan hanya sebagai penanda persisnya letak titik lintang nol derajat yang membelah bumi secara horizontal. Namun juga memiliki pesona dan daya tarik untuk wisatawan sendiri. Beragam koleksi foto-foto yang memperlihatkan sejarah berdirinya tugu ini pun dipamerkan, menceritakan secara visual bagaimana pembangunan tugu dari awal dibangun hingga pembangunan tahap akhir pada tahun 1991.

Tugu ini sebenarnya sudah mulai dibangun sejak tahun 1928, dimana awalnya hanya berbentuk tonggak dengan anak panah yang bertuliskan 'EVENAAR' yang berarti 'Khatulistiwa' dalam Bahasa Indonesia. Baru kemudian pada tahun 1938 seorang arsitek bernama Silaban melakukan penyempurnaan menjadi tugu yang terdiri dari empat buah tonggak atau tiang yang terbuat dari kayu ulin (kayu langka khas Kalimantan). Hingga tahun 1990 tugu ini direnovasi dan baru diresmikan pada 21 September 1991.

Walaupun telah melewati kurun waktu yang cukup lama, Tugu Khatulistiwa ini masih banyak diminati wisatawan, terutama pada saat terjadinya fenomena alam yang disebut Kulminasi. Kulminasi adalah keadaan dimana posisi matahari tepat berada di garis khatulistiwa. Pada saat itu bayangan tugu atau bayangan dari siapa saja yang berdiri di sekitar tugu akan menghilang. Tugu ini akan ramai dipenuhi pengunjung yang ingin melihat fenomena yang hanya akan terjadi dua kali dalam setahun.

Fenomena pertama akan terjadi pada 21-23 Maret, dinamakan vernal equinox (titik pertemuan pertemuan pertama) sebagai tanda awal musim semi. Sedangkan fenomana yang kedua akan terjadi pada 21-23 September, disebut autumnal equinox (titik pertemuan kedua) sebagai tanda awal musim gugur.

Pada dasarnya Tugu Khatulistiwa ini memang telah menjadi cerminan Kota Pontianak sendiri, yang notabene dijuluki Kota Khatulistiwa. Terlebih bisa dikatakan bahwa tugu ini merupakan ikon pariwisata Kalimantan Barat selain Sungai Kapuas. Bagi Anda yang ingin mengunjungi tugu ini, Tugu Khatulistiwa terletak di Jalan Khatulistiwa, Kelurahan Siantan, Kecamatan Pontianak Utara, Kota Pontianak, Kalimantan Barat. Karena lokasinya yang hanya sekitar 5 km di sebelah utara Kota Pontianak, objek wisata ini sangat mudah diakses.

Do you have a picture of this article? Share it from your Instagram!