Tjong A Fie Mansion - Rumah Kapitan Tionghoa yang Menawan

In Sumatera Utara
source:adeknakemal.blogspot.com
source:tjongafiemansion.com
source:tjongafiemansion.com
source:tjongafiemansion.com
Written by Rendyadi Amnar Posted 28th March 2013, 2:26am
Rate this article 

Rumah Tjong a Fie merupakan gedung bergaya Tiongkok kuno yang sangat menawan dan sayang untuk dilewatkan bagi Anda yang akan berkunjung ke Kota Medan. Bangunan yang dibangun pada tahun 1900 ini terletak di Jalan Ahmad Yani (Kesawan), sebuah kawasan perniagaan terkenal di Medan.

Bangunan yang terlihat kokoh dan sangat menonjol karena kombinasi warnanya yang kontras ini dibuka untuk umum setiap harinya. Harga tiket masuknya relatif murah, yaitu Rp. 35.000 per orang. Seorang pemandu akan menemani Anda serta bercerita mengenai sejarah kehidupan Tjong A Fie sambil membawa Anda berkeliling rumah. Kini, bangunan ini bernama Tjong A Fie Memorial Institute atau lebih dikenal dengan Tjong A Fie Mansion. Keturunan dari Tjong A Fie hingga saat ini masih menempati beberapa ruangan pada rumah ini.

Berbagai macam barang antik peninggalan keluarga Tjong A Fie yang sudah berusia ratusan tahun pun masih tersimpan dan terawat dengan baik, seperti foto-foto, tungku, keramik kuno, bahkan baju-baju peninggalan istri dari Tjong A Fie pun masih tersimpan dengan baik dalam rumah megah ini. Kombinasi arsitektur menawan serta nuansa yang kuno pada rumah ini akan membuat Anda terhanyut dan membayangkan bagaimana rasanya kehidupan 100 tahun silam.

Rumah ini merupakan sebuah bangunan 2 tingkat yang dibangun oleh Tjong A Fie (1860-1921), seorang pedagang dari Tiongkok yang datang ke Sumatera untuk mengadu nasib dalam dunia bisnis. Putus sekolah sejak usia dini tidak menjadi rintangan baginya dalam mencapai kesuksesan dalam bidang perkebunan. Karena kesuksesannya tersebut, lantas ia dekat dengan para kaum terpandang pada masa itu, seperti Sultan Deli,(Makmun Al Rasjid) serta para pejabat kolonial Belanda, yang pada akhirnya gelar ?eMajoor der Chineezen?f atau ?eKapitan Tionghoa?f pun ia dapati.

Do you have a picture of this article? Share it from your Instagram!