Teluk Triton - Warisan Budaya dengan Keindahan Bawah Laut yang Tersembunyi

In Papua Barat
source:panoramio.com
source:panoramio.com
source:panoramio.com
source:kompasiana.com
Written by Nena Nikita Posted 15th January 2014, 8:52am
Rate this article 

Teluk Triton yang berada di wilayah Papua barat ini telah menjadi obyek wisata yang banyak diperbincangkan. Terletak di Kabupaten Kaimana, daerah yang terkenal dengan keindahan bawah lautnya, hingga membuat masyarakat setempat menjulukinya sebagai surga bawah laut. Terdapat 959 spesies ikan karang dan 471 jenis karang dengan 16 spesies baru. Keindahan karang lunak yang berwarna warni menjadi pesona tersendiri bagi Teluk Triton.

Berbagai pengalaman unik akan Anda temui di teluk ini. Petualangan akan semakin lengkap dengan menyelam untuk mengekplorasi Teluk Triton yang kaya dengan pemandangan indah dan menakjubkan. Anda akan menemui bermacam spesies ikan dan terumbu karang terbaik di teluk ini. Tak banyak yang tahu bahwa di kedalaman teluk ini tersaji pesona alam yang tersembunyi. Di teluk ini anda bisa menemukan ikan paus, whale shark dan juga lumba-lumba. Pengunjung juga dapat secara langsung memberi makan mereka.

Selain menjadi wisata bahari, Teluk Triton juga menjadi wisata budaya yang menyimpan banyak sejarah. Tampak sebuah gunung yang berbentuk ikan paus, dengan stalaktit unik yang berupa lukisan- lukisan berbentuk matahari, tangan manusia hingga tengkorak kepala manusia. Tak lupa juga dengan cerita-cerita legendanya yaitu tenggelamnya kapal China pada masa Dinasti Ming, selain itu kapal Inggris kabarnya juga pernah tenggelam di wilayah ini.

Untuk mencapai obyek wisata ini pengunjung dapat melalui penerbangan atau kapal yang menuju ke Kaimana, kemudian dari Kaimana ke Teluk Triton dengan menggunakan transportasi yang menjadi satu-satunya alat transportasi laut, yaitu dengan kapal milik pemerintah daerah yang transit ke beberapa desa di Teluk Triton dalam perjalanan ke Teluk Etna. Bisa juga menyewa longboat yang akan memakan waktu kurang lebih 3 jam, atau jika Anda bisa juga dengan menggunakan speedboat yang hanya akan memakan waktu sekitar 1.5 jam.

Tatkala senja telah datang, keindahan akan semakin menjalari teluk ini. Semburat jingga yang menyapu seluruh langit dan pemandangan yang menakjubkan hadir di hadapan pengunjung. Jika didukung dengan cuaca yang cerah, maka akan menambah panorama senja yang begitu memesona. Pengunjung akan menyaksikan bola raksasa yang menjingga itu hilang ditelan lautan.

Do you have a picture of this article? Share it from your Instagram!