Teluk Kiluan - Surga Lumba-lumba di Selatan Sumatera

In Lampung
source:indonesia.travel
source:wisatasumatra.com
source:rickyhartanto19.blog.com
Written by Riyan Adiyahasya Posted 24th April 2013, 2:34am
Rate this article 

Teluk Kiluan merupakan tujuan wisata bahari di ujung selatan Pulau Sumatera yang sangat unik. Di sana Anda bisa dengan mudah menyaksikan sekumpulan lumba-lumba yang melompat-lompat dengan indahnya di lautan lepas. Konon, jumlah lumba-lumba yang mengarungi Teluk Kiluan adalah jumlah terbesar di dunia. Keunikan tersebut membuat banyak wisatawan domestik dan mancanegara mengunjungi Teluk Kiluan.

Teluk Kiluan berada di Kecamatan Kelumbayan, Kabupaten Tanggamus, Lampung, atau 80 km dari Kota Bandar Lampung. Teluk ini juga menyajikan panorama yang luar biasa indahnya, birunya langit dan air laut yang jernih, serta hamparan pasir putih di bibir pantai. Wisatawan yang mengunjungi teluk biasanya beristirahat sambil bersantai di pinggir pantai. Jika ingin bermalam, tersedia fasilitas berupa homestay di sekitaran pantai, atau Anda dapat berkemah di pinggir pantai ditemani panorama teluk yang eksotis.

Selain itu, atraksi lumba-lumba di teluk ini hampir dapat disaksikan setiap hari, tergantung faktor cuaca. Jika cuaca sedang baik, Anda akan melihat sekelompok lumba-lumba yang mendekat ke samping perahu dan mulai melompat menembus birunya laut. Jumlahnya pun tak sedikit, bisa sampai puluhan, bahkan ratusan lumba-lumba berenang bebas di Teluk Kiluan.

Teluk ini merupakan jalur migrasi dua jenis lumba-lumba, yaitu lumba-lumba mulut botol dan lumba-lumba paruh panjang. Jika ingin melihat atraksi lumba-lumba tersebut, Anda bisa menggunakan perahu ketinting atau jukung yang disewakan oleh masyarakat lokal. Harga sewa perahu tersebut berkisar antara Rp 200 ribu ? Rp 300 ribu.

Akomodasi di Teluk Kiluan memang masih belum memadai. Belum ada hotel-hotel mewah di kawasan teluk, namun Anda dapat beristirahat di sebuah homestay dengan tarif sekitar Rp 150 ribu per kamar yang dapat ditempati oleh 5 ? 6 orang. Untuk soal makanan, Anda dapat memesannya ke pemilik homestay dengan kisaran harga Rp 15 ribu ? Rp 20 ribu tergantung pemesanan. Waktu paling tepat mengunjungi Teluk Kiluan adalah pada saat musim kemarau dan untuk melihat kawanan lumba-lumba sebaiknya Anda memulainya di pagi hari.

Do you have a picture of this article? Share it from your Instagram!