Tanah Lot - Tanah Suci di Pulau Dewata

In Bali
source:travelingheartproject.blogspot.com
source:tourandtraveling.com
source:beaumitchell.com
Written by Riyan Adiyahasya Posted 3rd March 2013, 12:00am
Rate this article 

Objek wisata yang satu ini merupakan salah satu tempat yang paling digemari wisatawan yang sedang berlibur ke Bali, Indonesia. Pura Tanah Lot atau biasa disebut Tanah Lot memiliki keindahan alam yang sangat eksotis, terdapat dua Pura yang terletak di atas tebing yang menjorok ke laut. Tempat ini merupakan tempat pemujaan dewa-dewa penjaga laut, serta menjadi tempat religius umat Hindu.

Tanah Lot memiliki makna dari kata "Tanah" yang diartikan sebagai batu karang yang menyerupai gili atau pulau kecil, sedangkan "Lot" atau "Lod" berarti laut. Sehingga nama Tanah Lot dapat diartikan sebagai pulau kecil yang terapung di tengah lautan.

Tanah Lot terletak di Desa Baraban, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan. Berjarak sekitar 33 km di sebelah barat Kota Denpasar, Bali. Saat matahari terbenam, Tanah Lot menciptakan pemandangan sunset yang sangat memukau. Banyak wisatawan yang sengaja datang pada sore hari untuk melihat pesona keindahan sunset di Tanah Lot.

Ada dua Pura yang berada di sini, satu di antaranya berada di atas bongkahan batu, dan yang lainnya terletak di atas tebing. Di lorong tebing karang sekitar Pura, terdapat ular-ular belang yang jinak dan dipercaya oleh masyarakat setempat sebagai penjaga Pura.

Hal yang paling unik adalah terdapat sumber air tawar di sisi Utara Pura Tanah Lot. Hal tersebut sangat tidak lazim mengingat letak Tanah Lot yang berada di pantai. Air tawar ini dianggap suci dan disebut Tirta Pabersihan, air tawar ini juga dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Aura religius serta keindahan alamnya merupakan daya tarik utama tempat wisata ini. Banyak sekali kegiatan-kegiatan yang dapat Anda lakukan di Tanah Lot. Terdapat beberapa tempat yang wajib Anda kunjungi di Tanah Lot, seperti sunset terrace, Batu Bolong, Enjung Galuh, Cultural Park, dan pasar seni.

Cultural Park merupakan tempat paling ramai di antara lainnya. Tempat ini menyajikan pagelaran kesenian, pameran, serta pertunjukan tari Kecak yang digelar setiap harinya dengan tiket Rp 50.000/orang. Bagi Anda yang baru pertama kali berwisata ke Tanah Lot, Anda harus berhati-hati mengingat banyak bebatuan yang licin terbalut lumut dan rumput laut.

Do you have a picture of this article? Share it from your Instagram!