Taman Purbakala Waruga Sawangan - Makam Kuno Peninggalan Suku Minahasa

In Sulawesi Utara
source:hpgrumpe.de
source:lumentahpraysezhy.wordpress.com
source:benitoeperugia4.blogspot.com
Written by Riyan Adiyahasya Posted 30th April 2013, 12:00am
Rate this article 

Di Minahasa, terdapat sebuah situs purbakala berupa waruga (kubur batu) yang terletak di Desa Sawangan, Airmadidi, Sulawesi Utara. Waruga tersebut merupakan makam leluhur orang Minahasa berupa bebatuan yang berbentuk segi empat setinggi 1 meter. Waruga di Desa Sawangan ini termasuk yang paling terkenal di Minahasa, Anda akan terkagum-kagum melihat salah satu kekayaan yang terkandung dalam kebudayaan masyarakat Sulawesi Utara.

Bentuk waruga berupa peti batu dengan cungkup atau pelindung di bagian atasnya. Di bagian tersebut terdapat relief yang menandakan strata sosial orang yang meninggal. Apabila dari kalangan bangsawan, bagian atap waruga akan tertera ukiran manusia yang berjubah. Namun jika tertera relief manusia bertopi perang, hal tersebut melambangkan seorang kesatria.

Waruga atau kuburan batu ini adalah sistem pemakaman manusia purbakala yang banyak ditemui di Minahasa. Mayat manusia yang meninggal diletakkan ke dalam waruga dengan posisi jongkok seperti posisi janin di dalam kandungan. Hal tersebut dipercaya melambangkan siklus kehidupan dan kematian berasal dari tempat ke tempat yang sama.

Konon makam yang dipahat menyerupai rumah khas orang Minahasa ini adalah salah satu warisan tradisi zaman megalitikum yang terus dipertahankan hingga pertengahan abad ke-19. Hal ini dapat dibuktikan dari pahatan angka tahun pada beberapa waruga seperti: 1769, 1839, 1850 dan lain sebagainya.

Objek wisata ini jaraknya cukup jauh dari Kota Manado, sekitar 24 kilometer dari pusat kota. Kini situs purbakala ini telah dicalonkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO sejak 1995. Jika Anda berlibur ke Sulawesi Utara, tidak ada salahnya jika berkunjung ke waruga yang sarat akan budaya dan tradisi.

Do you have a picture of this article? Share it from your Instagram!