Taman Nasional Teluk Cenderawasih - Surga di Timur Indonesia

In Papua Barat
source:telukcenderawasih-nationalpark.org
source:indonesia.travel.com
source:indonesia.travel.com
Written by Gevintha Karunia Maully Posted 11th August 2013, 2:13am
Rate this article 

Siapa bilang Pulau Papua hanya memiliki Raja Ampat? Di Manokwari, salah satu kabupaten di ujung timur Indonesia, terdapat sebuah taman nasional yang belum terlalu dikenal banyak orang.

Taman Nasional Teluk Cenderawasih merupakan sebuah taman nasional yang terletak di dua kabupaten, yaitu Kabupaten Manokwari, Provinsi Papua Barat dan Kabupaten Paniai, Provinsi Papua. Taman nasional ini disebut-sebut sebagai taman nasional perairan laut terluas di Indonesia dengan luas kurang lebih 1.453.500 hektar.

Terdapat lima pulau utama yang menjadi tujuan wisata di taman nasional ini.

Pulau Rumberpon

Di pulau ini Anda dapat melakukan pengamatan terhadap burung-burung langka.  Selain itu Anda juga bisa mengunjungi penangkaran rusa.  Wisata baharinya juga tak kalah menarik, di sini Anda bisa memanjakan mata Anda dengan diving dan snorkeling.  Pada saat menyelam, Anda juga bisa melihat kerangka pesawat tempur Jepang yang jatuh ke laut pada masa perang dunia.

Pulau Nusrowi

Tidak jauh berbeda dengan Pulau Rumberpon, di pulau ini Anda juga bisa menikmati pemandangan bawah laut yang menawan.  Pengamatan satwa juga bisa Anda lakukan di pulau ini.

Pulau Mioswaar

Di pulau Mioswaar Anda bisa menikmati pemandian air panas yang mengandung belerang tanpa adanya kadar garam sama sekali.  Unik bukan? Dimana lagi Anda bisa menikmati pemandian air panas di sebuah pulau yang dikelilingi oleh laut.  Lagi-lagi, snorkeling dan diving adalah hal yang harus Anda lakukan bila mengunjungi pulau ini, sama seperti dua pulau sebelumnya.

Pulau Yoop dan Perairan Wondesi

Tergila-gila dengan paus dan lumba-lumba? Ingin menyaksikan mereka berenang dari dekat? Pulau ini adalah tujuan yang tepat bagi Anda.

Pulau Roon

Yang memebedakan pulau ini dengan keempat pulau sebelumnya adalah adanya gereja tua yang biasa dijadikan sebagai tujuan wisata religi.  Di gereja ini terdapat kitab suci yang diterbitkan pada tahun 1898.  Selain itu, keunikan lain dari pulau ini adalah adanya air terjun, yang tidak dimiliki oleh pulau-pulau lain di Teluk Cenderawasih.  Snorkeling dan menyelam tetap menjadi salah satu wisata andalan pulau ini.

Bagaimana cara menuju Taman Nasional Teluk Cenderawasih?

Akses menuju Teluk Cenderawasih bisa dibilang cukup rumit bagi Anda yang berdomisili di luar Papua.  Anda harus menggunakan pesawat menuju Biak terlebih dahulu sebelum melanjutkan dengan pesawat yang berukuran lebih kecil menuju Manokwari atau Nabire.  Setelah tiba di Manokwari, perjalanan dilanjutkan dengan menggunakan kapal selama 5.5 jam menuju Pulau Rumberpon.

Satu hal yang harus diingat, di taman nasional ini belum tersedia fasilitas penginapan seperti hotel, namun Anda bisa menginap di rumah-rumah penduduk yang menyediakan fasilitas home stay atau apabila Anda menginginkan sensasi yang lebih menantang, dirikan saja tenda si sekitar pantai.

Perjalanan menuju lokasi Taman Nasional Teluk Cenderawasih memang cukup rumit dan memakan budget yang tidak sedikit. Namun, itu semua akan terbayar dengan keindahan kepingan surga dari Timur Indonesia ini.

Do you have a picture of this article? Share it from your Instagram!