Taman Nasional Komodo - Menengok Reptil Purba yang Masih Tersisa

In Nusa Tenggara Timur
source:animalpictureplace.com
source:crossingindonesia.com
source:bangjotours.com
source:animalpictureplace.com
Written by Riyan Adiyahasya Posted 22nd April 2013, 2:37am
Rate this article 

Taman Nasional Komodo adalah sebuah Taman Nasional yang terletak di ujung barat Provinsi Nusa Tenggara Timur, tepatnya di antara Pulau Sumbawa (NTB) dan Pulau Flores (NTT). TN Komodo menjadi sangat istimewa di mata dunia, karena merupakan habitat satwa komodo (Varanus komodoensis) yaitu reptil purba yang masih tersisa di bumi.

TN Komodo merupakan kepulauan yang terdiri dari 3 pulau utama yakni Pulau Komodo, Rinca, Padar, serta pulau-pulau kecil lainnya. Mengujungi TN ini merupakan pengalaman yang tidak bisa didapati di tempat lain. Anda bisa menjelajahi padang sabana dan melihat kadal terbesar di dunia layaknya berada di zaman purba. Saat ini diperkirakan ada sekitar 2500 komodo yang tersebar di TN, dan banyak terdapat di Pulau Komodo dan Rinca.

Rata-rata komodo memiliki panjang 3 m dan berat mencapai 150 kg. Dengan ukurannya yang besar, bersisik, serta lidah yang menjulur akan membuat siapa saja gemetar bila berada dekat. Komodo hanya membutuh satu gigitan saja untuk melumpuhkan mangsanya dikarenakan air liurnya mengandung banyak bakteri yang mematikan. Meskipun begitu, wisatawan tetap dapat melihat hewan buas ini secara langsung, tentunya dengan ditemani oleh seorang pemandu yang sudah berpengalaman. Dijamin perjalanan Anda di TN Komodo akan sangat menantang dan menyenangkan.

Karena keunikan dan kelangkaannya, Taman Nasional Komodo dinyatakan sebagai a World Heritage Site dan Man and Biosphere Reserve oleh UNESCO tahun 1986. Selain itu, TN Komodo memiliki kekayaan dan keindahan alam yang luar biasa. Pulau-pulau indah berpasir putih dan perairan lautnya yang biru terpampang di sana. Jika Anda suka snorkeling dan diving, TN Komodo merupakan salah satu tempat terbaik di Indonesia. Anda bisa menemukan 385 spesies karang, 70 jenis bunga karang, 10 jenis lumba-lumba, 6 macam paus, penyu, dan masih banyak yang lainnya.

Bagaimana cara menuju TN Komodo?

Untuk sampai ke lokasi, Anda dapat menggunakan perjalanan darat dari Bali ? Mataram (P. Lombok) ? Bima ? Sape (P. Sumbawa), kemudian dilanjutkan dengan menggunakan kapal feri yang tersedia setiap hari menuju Labuan Bajo. Dari Labuan Bajo Anda hanya tinggal melanjutkannya dengan menggunakan kapal boat atau speedboat hingga tiba di TN Komodo. Atau bisa juga menggunakan transportasi udara dari Bali (Denpasar) menuju Labuan Bajo dengan maskapai penerbangan yang juga tersedia setiap harinya.

Tips

Pastikan Anda tidak berkeliling sendirian di kawasan dimana komodo berada. Jangan mengganggu atau memberi makan komodo. Meskipun gerakannya lambat, hewan ini bisa secara tiba-tiba agresif dan bergerak dengan cepat.

Wanita yang sedang menstruasi sebaiknya tidak keluar dari penginapan dan wajib melapor pada petugas agar lebih diperhatikan. Mengingat komodo memiliki indra penciuman yang sangat tajam dan menjadi agresif bila mencium bau darah.

Jika melakukan trekking sebaiknya Anda harus memastikan dulu kondisi tubuh yang prima serta perbekalan yang dibutuhkan. Waspada juga terhadap ular-ular yang berkeliaran di sekitaran pulau.

Do you have a picture of this article? Share it from your Instagram!