Taman Nasional Danau Sentarum - Danau Musiman di Jantung Borneo

In Kalimantan Barat
source:http://www.worldwildlife.org
source:http://www.hiburan.everywebspace.com
source:http://bappeda.kapuashulukab.go.id
Written by Riyan Adiyahasya Posted 31st December 1969, 7:00pm
Rate this article 

Danau Sentarum merupakan kawasan dengan kekayaan alam dan ekosistem yang sangat alami, berupa hutan rawa air tawar, lahan basah, dan hutan hujan tropik. Danau seluas 132 ribu hektar ini terletak di Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. Kawasan Danau Sentarum terdiri dari 20 danau besar dan kecil. Sejak tahun 1999, wilayah ini ditetapkan sebagai Taman Nasional Danau Sentarum (TNDS).

Danau Sentarum tergolong danau musiman. Letak dan kondisinya yang berada di tengah-tengah jajaran pegunungan menjadikan kawasan ini sebagai kawasan tangkapan hujan. Pada musim penghujan, kawasan ini akan terendam air akibat aliran pegunungan dan luapan Sungai Kapuas, dan diperkirakan tersimpan 16 triliun meter kubik air per tahunnya. Namun uniknya jika musim kemarau tiba, sebagian besar danau berubah menjadi kering.

Keindahan Taman Nasional Danau Sentarum memang tak pernah habis sepanjang musim, sampai-sampai dijuluki sebagai The Last Paradise. Selain keindahan alamnya, TNDS juga menjadi habitat bagi 265 jenis ikan air tawar, 675 spesies tanaman, dan 147 jenis mamalia, 311 jenis burung, 64 jenis reptil dan ampibi, serta 154 jenis anggrek alam. Bila beruntung, beberapa satwa unik dapat Anda ditemui, seperti siamang (Hylobates muelleri), keluarga kera seperti bekantan (Nasalis larvatus), orangutan (Pongo pygmaeus), long-tailed monkey (Macaca fascicularis), dan lainnya.

Sayangnya keberadaan Danau Sentarum masih terancam oleh pembukaan hutan dengan dalih perkebunan atau illegal logging. Namun belakangan ini pemerintah setempat beberapa tahun kebelakang menggelar sebuah festival yang bernama Festival Danau Sentarum-Betung Kerihun (FDS-BK). Festival ini bertujuan untuk mempromosikan potensi pariwisata di Danau Sentarum dan Betung Kerihun, baik alam maupun budayanya.

Bagaimana Cara ke TNDS?

Rute paling singkat menuju Taman Nasional ini adalah dengan menggunakan pesawat terbang dari Pontianak menuju Putussibau selama 1 jam. Sesampainya, Anda dapat membeli perbekalan makanan dan bank (dapat membeli bank?). Dari Putussibau, perahu cepat akan membawa Anda ke Nanga Suhaid selama 6 jam. Selama 6 jam tersebut Anda akan melewati hulu Sungai Kapuas sebelum tiba di Danau Sentarum.

Rute selanjutnya dapat ditempuh melalui jalur darat dari Sintang menuju Semitau selama 11 jam. Bisa juga menggunakan jalur sungai, yang memakan waktu selama 7 jam menggunakan perahu bandong dari Siantang menuju Semitau. Dari Semitau tersedia perahu untuk menuju Lanjak dimana Anda dapat menjumpai danau yang dilindungi ini.

Tips

- Waktu terbaik untuk mengunjungi Taman Nasional Danau Sentarum ialah di bulan Juni hingga Oktober.
- Datanglah ke Bukit Lanjak dan Nanga Kenelang untuk mendapatkan spot terbaik untuk mengamati burung-burung endemik, bersampan, dan juga mengambil gambar terhebat.
- 6 kilometer dari Kecamatan Lanjak, rumah betang atau rumah panjang khas suku Dayak dapat Anda temukan.
- Persiapkanlah uang tunai dan perbekalan yang cukup di Putussibau sebelum sampai di TN Danau Sentarum.

Do you have a picture of this article? Share it from your Instagram!