Taman Laut Olele - Keindahan Surga Laut dan Salvador Dali Sponge

In Gorontalo
source:http://www.murexdive.com
source:http://mybusybrain.wordpress.com
source:http://www.advhimalayan.com
source:http://rumahpitate.blogspot.com
source:http://rumahpitate.blogspot.com
Written by Riyan Adiyahasya Posted 14th May 2013, 2:35am
Rate this article 

Gorontalo adalah provinsi yang terbilang masih muda sekaligus memiliki objek wisata menyelam dan petualangan bawah air yang mengagumkan. Salah satu surga bawah laut yang bisa Anda temui adalah Taman Laut Olele. Taman Laut Olele telah menjadi incaran banyak wisatawan, terutama karena di sana terdapat bunga karang raksasa yang sangat unik dan indah. Bunga karang yang bernama Salvador Dali Sponge ini belum ditemukan di perairan manapun di dunia selain di Gorontalo.

Taman Laut Olele berada di Desa Olele, Kecamatan Kabila Bone, Gorontalo. Sesuai dengan namanya, objek wisata ini menawarkan taman dengan berbagai karang indah yang menghiasi bawah laut. Salah satu primadonanya tak lain adalah Salvador Dali Sponge. Bunga karang tersebut memiliki bentuk yang beragam mulai dari menyerupai kipas, hari, bahkan seperti ikan hiu. Dinamai demikian karena ukiran di pinggiran bunga karang tersebut menyerupai lukisan seniman terkenal Eropa, Salvador Dali.

Bagi penggemar diving atau snorkeling, taman laut ini merupakan tempat yang tepat. Selain karena ombaknya relatif tenang, jenis terumbu karang di Olele ini lebih variatif dibanding Bunaken dan Tanjung Benoa yang dominan dengan terumbu karang berbentuk dinding. Terumbu karang di Olele sendiri ada yang berbentuk dinding, sarang tawon, dan landai. Karena kondisi karang yang relatif dangkal, para pemula sekali pun akan mudah untuk mengarunginya.

Salah satu spot di Olele yang menyajikan terumbu karang dangkal ada di spot yang bernama Goa Jin. Di lokasi ini, selain tersaji terumbu karang nan indah, ratusan ikan-ikan kecil aneka warna semakin mempercantik taman lautnya. Namun sesuai namanya, spot Goa Jin memiliki kedalaman sekitar 22 meter, maka tidak disarankan untuk pemula. Tidak hanya itu, masih banyak spot diving yang disukai turis, seperti coral pole (tiang karang), beehive (bunga karang berbentuk sarang lebah), dan traffic jam.

Bagaimana cara menuju Taman Laut Olele?

Untuk menuju Taman Laut ini cukup mudah, berjarak sekitar 20 kilometer dari pusat Kota Gorontalo. Jika melalui jalur darat, Anda akan menempuh perjalanan selama 40-50 menit menuju Olele. Bisa juga dengan jalur laut, dengan menggunakan speedboat dari Pelabuhan Gorontalo langsung menuju Olele. Sesampainya di Olele tersedia perahu-perahu yang bisa mengantar Anda menuju spot-spot terumbu karang yang luar biasa. Harga sewa perahunya sekitar Rp250.000.

Do you have a picture of this article? Share it from your Instagram!