Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana - Landmark Bagi Pariwisata Bali

In Bali
source:wikipedia.com
source:panoramio.com
source:pulautidungjakarta.com
source:100thingstodoinbali.blogspot.co
Written by Riyan Adiyahasya Posted 30th October 2013, 8:12am
Rate this article 

Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana (GWK) merupakan taman wisata yang terletak di Bukit Unggasan-Jimbaran, Tanjung Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali. Di samping berbagai objek wisata lainnya di Bali, GWK dicanangkan menjadi taman budaya kelas dunia yang menampilkan berbagai pertunjukan akbar di Bali. Di taman seluas 240 hektare ini juga terdapat sebuah patung raksasa yang dikembangkan landmark atau ikon bagi pariwisata di Bali.

Kawasan GWK berada di atas ketinggian 263 meter di atas permukaan laut, sehingga di sana Anda juga akan disuguhkan pemandangan pesisir selatan Bali yang berlatar belakang alam yang memukau. Selain itu, patung berbentuk Batara Wisnu yang sedang menunggangi Garuda ini menyimbolkan Amerta, yaitu kebajikan yang abadi. Patung setinggi 12 meter ini dibuat oleh salah satu pematung kenamaan asal Bali, Nyoman Nuarta.

Selain menjadi landmark, monumen Garuda Wisnu Kencana merupakan perwujudan modern sebuah kebudayaan dan tradisi kuno. Dalam tahap pengerjaannya, patung ini terbuat dari 4.000 ton tembaga dan kuningan. Menurut rencana, saat selesai dibuat, patung ini akan berdiri setinggi 150 meter dengan bentangan sayap garuda mencapai 64 meter. GWK akan menjadi patung terbesar di dunia.

Dalam ajaran agama Hindu, Dewa Wisnu merupakan Dewa Pemelihara. Karya monumental ini tersinspirasi dari kisah Adi Parwa dalam kisah Garuda tentang rasa bakti dan pengorbanan burung Garuda untuk menyelamatkan ibunya dari perbudakan. Kisah mengenai legenda ini terpahat jelas di sisi-sisi Candi Kidal yang berada di Kabupaten Malang. Garuda sendiri adalah seekor burung mitologis, setengah manusia setengah burung. Masyarakat Jepang menyebut Garuda sebagai Karura, di Thailand disebut Pha Krut. Indonesia dan Thailand adalah dua negara yang menggunakan Garuda sebagai lambang negaranya.

Untuk memasuki kawasan Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana ini pengunjung dikenakan tiket masuk Rp25.000 per orang. Setelahnya Anda bisa puas menikmati kemegahan monument serta dapat melakukan beragam kegiatan yang menyenangkan seperti fun ride and adventure, art and cultural package, wedding package, segway fun ride, danoutbond. Setiap harinya ada acara harian seperti pementasan kecak tektekan, tarian Bali, musik rindik, barong ngelawang, joged bumbung, serta tari barong dan kris.

Do you have a picture of this article? Share it from your Instagram!