Surga Bawah Laut di Raja Ampat

In Papua Barat
source:live-adventurously.com
source:500px.com
source:500px.com
source:live-adventurously.com
source:scottygraham.com
Written by Riyan Adiyahasya Posted 19th March 2013, 3:40am
Rate this article 

Raja Ampat merupakan sebuah kawasan maritim di Indonesia yang sangat eksotis. Pecinta wisata bawah laut dari seluruh dunia datang ke Raja Ampat untuk menikmati pemandangan bawah lautnya yang sangat menakjubkan. Perairan di kepulauan ini menurut berbagai sumber merupakan salah satu dari 10 perairan terbaik untuk diving site di seluruh dunia, bahkan diakui sebagai peringkat satu untuk kelengkapan flora dan fauna bawah airnya.

Surga alam bawah laut ini tepatnya berada di Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat. Memiliki luas wilayah 46.108 kilometer persegi, dan 80 persen di antaranya adalah lautan. Memiliki empat pulau utama, yaitu Pulau Waigeo, Misool, Salawati, dan Batanta. Pulau-pulau impian banyak orang ini merupakan bukti nyata kekayaan alam di Indonesia.

Kepulauan di Timur Indonesia ini memang memiliki keindahan yang tiada duanya. Raja Ampat bak perpustakaan yang mengoleksi sedikitnya 540 jenis karang, 1.511 spesies ikan, serta 700 jenis moluska. Bahkan menurut laporan The Nature Conservancy dan Conservation International, 75 persen spesies laut dunia berada di Kepulauan Raja Ampat.

Terdapat fenomena alam menarik yang hanya terjadi sekali dalam setahun. Di bagian Timur Pulau Waigeo, tepatnya di Desa Urbinasopen dan Yesner, ada sebuah sinar yang muncul dari laut dan mengitari permukaannya sekitar 10-18 menit. Penduduk setempat menyebut fenomena ini sebagai ?ghantu laut.?h Lain halnya di kampung Saondarek, ketika pasang surut tiba Anda dapat menyaksikan hamparan terumbu karang muncul di atas permukaan laut dengan adaptasinya sendiri, karang tersebut tetap hidup walaupun berada di udara terbuka dan terkena sinar matahari.

Berbagai elemen menarik tersusun rapih kepulauan indah ini, selain pesona alam bawah lautnya yang memukau, terdapat juga berbagai spesies tumbuhan langka, gugusan batu kapur yang eksotis, dan sarang penyu di sekitar pantai. Hal ini menjadikan Raja Ampat sebagai salah satu daya tarik pariwisata yang terkenal di Indonesia.

Bagaimana Cara ke Raja Ampat?

Mengunjungi Raja Ampat memang memakan waktu dan biaya yang cukup besar. Untuk memulainya dari Jakarta Anda dapat menggunakan jasa maskapai penerbangan via Manado menuju ke Sorong yang memakan waktu kurang lebih 6 jam perjalanan. Terdapat feri yang berangkat setiap harinya dari Sorong menuju Waisai, Ibu Kota Kabupaten Raja Ampat di Pulau Waigeo. Feri tersebut berangkat pada pukul 13.00 dan kembali sekitar pukul 11.00 pagi.
Akomodasi dan kegiatan

Sebagai salah satu tujuan wisata di Indonesia, Raja Ampat memiliki akomodasi yang cukup lengkap. Mulai dari penginapan yang nyaman, peralatan snorkeling, dan restoran dapat dengan mudah Anda temukan. Jika ingin puas berkeliling di Raja Ampat, setidaknya Anda harus menyiapkan dana sekitar Rp 30 juta.

Beberapa tempat peristirahatan yang bisa Anda kunjungi di Raja Ampat di antaranya adalah Sorido Bay Resot, Kri Eco Resort, Pulau Kamp, dan Boathouse. Untuk mengakses tempat-tempat menyelam, dapat mendatangi penyelenggara jasa menyelam yang dapat dengan mudah ditemui di Sorong. Jika ingin lebih mudah, Anda bisa menggunakan jasa biro perjalanan yang banyak terdapat di Sorong.

Selain menyelam, Anda bisa juga melakukan berbagai kegiatan seperti berlayar, melihat burung cenderawasih, berburu sunrise, menjelajahi gua, wisata budaya dengan suku Asmat, memancing, dan berbelanja. Siapkan kamera Anda, karena pemandangan yang diberikan di kepulauan ini sangat mengagumkan.

Tips

? Waktu paling ideal untuk berkunjung adalah bulan Oktober dan November karena air laut cenderung lebih tenang.
? Ambil penerbangan pagi menuju Sorong sehingga tidak harus bermalam dan bisa langsung nyebrang ke Waisai.
? Untuk memudahkan perjalalan Anda menuju Raja Ampat sebaiknya menggunakan jasa agen perjalanan.
? Siapkan juga tabir surya (sunblock) dan obat anti malaria untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Do you have a picture of this article? Share it from your Instagram!