Suramadu - Jalur Darat Alternatif Penghubung Pulau Jawa dan Madura

In Jawa Timur
source:tempatwisata2014.blogspot.com
source:anacaraka89.wordpress.com
source:tempatwisata2014.blogspot.com
Written by Sekar Ayu Melati Posted 8th August 2013, 12:00am
Rate this article 

Jika Anda berkunjung ke Surabaya, jangan lupa untuk mengunjungi objek wisata yang juga berfungsi sebagai prasaranan transportasi: Jembatan Suramadu. Tepat tahun ini, sudah sepuluh tahun berlalu semenjak mantan presiden, Megawati Soekarnoputri, meresmikan awal pembangunan jembatan terpanjang di Indonesia ini pada tanggal 20 Agustus 2003.

Jembatan Suramadu menghubungkan Pulau Jawa, tepatnya Surabaya, dengan Pulau Madura. Bagi Anda yang sering mengalami mabuk laut, tidak perlu lagi khawatir liburan Anda akan terganggu. Dengan adanya jembatan Suramadu, Anda memiliki alternatif jalur darat.

Jembatan ini resmi dibuka oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada tangal 10 Juni 2009. Awalnya, jembatan ini dibangun dengan tujuan untuk mendukung pembangunan infrastruktur dan ekonomi di Madura. Pada dasarnya, Jembatan Suramadu adalah gabungan dari tiga jenis jembatan (jalan layang, jembatan penghubung, dan jembatan utama). Total panjang jembatan keseluruhan adalah 5,438 meter dengan lebar sekitar 30 meter. Ada empat lajur dua arah selebar 3,5 meter dan dua lajur darurat selebar 2,75 meter.

Untuk bisa menggunakan Jembatan Suramadu, Anda perlu membayar tiket. Bagi Anda yang menggunakan kendaraan roda empat, harga tiket adalah Rp30.000,00, sedangkan pengguna kendaraan roda dua hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp3.000,00. Anda bisa segera menikmati kegagahan jembatan terpanjang di Indonesia.

Do you have a picture of this article? Share it from your Instagram!