Sungai Kampar - Berselancar di Sungai dengan Bono

In Riau
source:indonesia.travel
source:nexttriptourism.com
source:nexttriptourism.com
source:nexttriptourism.com
Written by Riyan Adiyahasya Posted 9th April 2013, 5:07am
Rate this article 

Surfing pada umumnya dilakukan di laut, namun bagaimana jika olahraga ini dilakukan di atas sungai? Ya, surfing di atas sungai dapat dilakukan di sebuah sungai di Provinsi Riau dan sangat terkenal akan ombaknya yang besar dan diidam-idamkan para pecinta surfing.

Sungai Kampar di Kecamatan Teluk Meranti, Kabupaten Pelalawan, Riau, mulai dilirik banyak peselancar dunia. Di sungai tersebut terdapat gelombang yang tingginya bisa mencapai 6 meter dan panjang gelombangnya 300 meter. Ombak atau gelombang tersebut dikenal dengan sebutan gelombang bono. Steve King, peselancar asal Inggris, bahkan telah berhasil memecahkan rekor dunia dengan berselancar terpanjang dan terlama di atas gelombang sungai bono dalam waktu 1 jam 4 menit dan menempuh jarak sekira 20,65 km.

Gelombang atau Ombak Bono ini terjadi akibat dari adanya pertemuan antara arus pasang air laut dengan arus pasang air sungai. Di dunia ini sedikitnya hanya ada sekitar 4 tempat saja yang memiliki fenomena alam yang serupa dengan Ombak Bono.

Fenomena alam ini hanya terjadi pada waktu tertentu, yaitu saat terjadinya bulan purnama atau masyarakat setempat menyebutnya sebagai bulan besar. Bulan purnama terjadi setiap tanggal 10-20 dalam perhitungan bulan Melayu (Arab) atau pada kisaran bulan Agustus-Desember. Kemunculan Bono biasanya ditandai dengan suara gemuruh seperti guntur diiringi hembusan angin yang kencang, disusul terbentuknya gelombang dan ombak besar bergulung-gulung.

Bono berkecepatan tinggi hingga mencapai 40 km/jam, bergerak dari arah muara menuju hulu sungai atau diawali dari Pulau Muda sampai dengan Teluk Binjai di Sungai Kampar. Ombak yang menggulung sungai ini bisa berdurasi waktu hingga 2 jam lamanya. Karena kehebatannya, gelombang Bono tidak disarankan untuk peselancar pemula.

Jika Anda ingin melihat gelombang bono ini, lokasinya berada di Perairan Kuala Kampar, Desa Pulau Muda, Kecamatan Teluk Meranti, Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau.

Do you have a picture of this article? Share it from your Instagram!