Sungai Alas - Wahana Arung Jeram di TN Gunung Leuser

In Aceh
source:wisataindonesia.biz
source:wisataindonesia.biz
source:ancolarungjeram.blogspot
Written by Riyan Adiyahasya Posted 21st May 2013, 5:27am
Rate this article 

Para pecinta arung jeram tentu mengetahui atau bahkan telah merasakan keganasan sungai yang mengalir dan membelah Taman Nasional Gunung Leuser ini. Sungai alas bermuara di Samudera Hindia. Sungai ini dikelilingi oleh lebatnya hutan tropis dengan aneka satwa liarnya. Bisa dibayangkan bagaimana serunya mengarungi Sungai Alas. Arus yang deras dan jeram yang harus ditaklukkan akan memicu adrenalin Anda. Ditambah suasana alam liar menambah serunya pengarungan. Bila beruntung, Anda bisa melihat kera, burung, dan hewan lain di tepi sungai, bahkan bisa bertemu gajah atau rusa.

Pengarungan Sungai Alas dapat dimulai dari Muarasituladi Kota Kutacane hingga Kota Gelombang, rute ini cocok untuk Anda yang masih pemula dalam arung jeram. Khusus untuk rafter professional, petualangan menaklukkan arus Sungai Alas bisa mengambil rute yang lebih jauh, yaitu mulai dari Angusan dekat Blangkejeran. Jika Anda ingin menaklukkan sungai ini,siapkan stamina Anda! Karena biasanya perjalanan mengarungi Sungai Alas bisa mencapai 6 jam lamanya.

Dari Kutacane ke Gelombang arus air tidak terlalu kuat dan Anda bisa melakukan safari hutan. Jika perjalanan Anda lebih dari satu hari, Anda dapat berkemah di tepi sungai sambil membakar ikan dan menikmati malam di TN Gunung Leuser. Selain itu, di 15 km arah barat Blankejeran, tersedia beberapa gubuk kayu panggung yang masing-masing menampung dua orang. Dengan biaya menginap per malamnya berkisar Rp70 ribu per-orang.

Bagaimana cara menuju Sungai Alas?

Untuk menuju sungai Alas, maka Anda bisa menempuh jalur darat dari Kota Medan, Sumatera Utara, melalui Berastagi dengan jarak tempuh 7 jam. Tetapi jalur ini terbilang kurang baik kondisi jalanannya, namun tetap layak jika Anda berkendara menggunakan SUV. Kedua, melalui jalur darat dari Banda Aceh, kemudian ke Beuren, dan Takengon, dengan waktu tempuh 14 jam.

Do you have a picture of this article? Share it from your Instagram!