Serunya Bermain dan Belajar Sains di Taman Pintar Yogyakarta

In Yogyakarta
source:tesyaskinderen.blogspot.com
source:tesyaskinderen.blogspot.com
source:jogjakota.go.id
Written by Riyan Adiyahasya Posted 11th September 2013, 2:30am
Rate this article 

Taman Pintar Yogyakarta merupakan sebuah tempat bermain sekaligus taman belajar bagi anak-anak untuk mempelajari ilmu sains. Terdapat banyak wahana-wahana seru serta labotarium agar para siswa maupun pengunjung bisa mengamati dan memperdalam ilmu sains dengan kemasan rekreasi.

Taman Pintar ini dibangun sejak Mei 2006 dan baru diresmikan pada 9 Juni 2007 oleh Mendiknas Bambang Sudibyo dan Menristek Kusmayanto Kadiman. Selain menjadi objek wisata baru, Taman Pintar merupakan salah satu bentuk fasilitas dari pemerintah Kota Yogyakarta dengan harapan dapat merangsang kreatifitas anak Indonesia sehingga dapat menciptakan teknologi sendiri.

Di tempat ini tersedia berbagai macam wahana dan sarana bermain yang edukatif, seperti play ground, Gedung Pendidikan Anak Usia Dini, Serta Gedung Oval yang menyajikan akuarium air tawar, replica hewan prasejarah, teater empat dimensi, bahkan Gedung Memorabilia yang menampilkan sejarah Kesultanan Jogja, sejarah tokoh Nasional, dan banyak lagi yang lainnya.

Secara keseluruhan, Taman Pintar cukup representatif dan mendidik, sehingga dapat menjadi salah satu alternatif tempat wisata keluarga dan anak-anak. Jika Anda ingin mengujungi taman bermain ini, lokasi Taman Pintar terletak di Jalan P. Senopati 1-3, Yogyakarta. Harga tiket masuk untuk anak-anak adalah Rp 8.000,- untuk dewasa Rp 15.000,- dan Rp 15.000,- khusus untuk planetarium.

Beberapa wahana utama yang bisa Anda temukan di Taman Pintar Yogyakarta:

1. PLANETARIUM
Terdapat alat peraga berbentuk pertunjukan film pengetahuan tentang antariksa dan tata surya.

2. GEDUNG OVAL KOTAK
Berbagai alat peraga bermuatan edukasi ilmu pengetahuan (sains) dengan kemasan menyenangkan. Di antara alat peraga tersebut adalah diorama prasejarah, akuarium, van de graaf, perpustakaan, gamelan, tata surya, kelistrikan, dan magic step.

3. SIMULATOR GEMPA
Zona simulator gempa ini baru mulai dibangun pada 2013. Diharapkan akhir 2013 sudah bisa melengkapi zona rekreasi edukasi di Taman Pintar.

4. TEATER 3 DIMENSI
Teater ini menampilkan film 3 dimensi dimana pengunjung seolah-olah berada dalam film tersebut dan terasa nyata. Tiket masuk wahana ini untuk umum adalah Rp.20.000/orang ; Pelajar Rp.15.000/orang ; Rombongan Rp.15.000/orang.

5. PROGRAM KREATIVITAS
Program ini menawarkan pelatihan kreativitas dalam bentuk workshop yang interaktif dimana peserta dapat membawa pulang hasil karyanya.

Do you have a picture of this article? Share it from your Instagram!