Red Island Banyuwangi - Surga Baru Untuk Para Peselancar

In Jawa Timur
source:diditds.wordpress.com
source:soloraya.com
source:banyuwangipanorama.blogspot.com
Written by Nena Nikita Posted 23rd July 2014, 5:34pm
Rate this article 

Red Island atau bisa juga disebut Pulau Merah memang terkenal dengan keindahannya. Dan juga meskipun memiliki nama Red Island, anda tidak perlu mencarinya keluar negeri. Red Island atau Pulau Merah terletak di Indonesia, lebih tepatnya terletak di Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Red Island merupakan pantai yang sangat indah dan juga masih sangat alami. Di tengah laut yang tidak jauh dari bibir pantai terdapat sebuah bukit kecil yang mana menjadi salah satu spot foto bagi para pengunjung. Pantai ini dikenal karena sebuah bukit hijau kecil bertanah merah yang mana warna merah ini dihasilkan dari pancaran sinar matahari dari balik bukit pada sore hari menyebabkan efek berwarna kemerahan dan itu sebabnya pantai ini disebut dengan Red Island. Anda juga bisa mengunjungi bukit dengan berjalan kaki ketika air laut sedang surut. 

Di sini anda juga akan disuguhi pasir putih agak kecoklatan yang  lembut dan  terhampar di garis pantai sepanjang 3 kilometer. Selain itu deburan ombak juga sangat bersahabat bagi anda pecinta surfing karena deburan ombak yang tidak terlalu tinggi sangat cocok bagi peselancar terutama peselancar pemula. Dan juga kondisi pantai tidak hanya masih alami tetapi juga aman, mengingat dasar pantai tidak memiliki banyak karang maka para peselancar akan tetap aman.

Terlebih lagi kondisi dasar pantai yang didominasi oleh pasir lembut dan sangat aman tentunya. Kawasan wisata yang  dikelola oleh Perum Perhutani Unit II Jawa Timur, KPH Banyuwangi Selatan ini memang menjadi banyak incaran para peselancar, tidak hanya peselancar lokal, tetapi juga para peselancar dunia. Apalagi akses menuju Red Island juga sangat mudah, dengan jalan yang mulus dan dekat dengan pemukiman penduduk. And juga bisa menggunakan bus atau pun kendaraan pribadi untuk menuju Red Island. Harga tiket masuk Rp 2.500 untuk setiap orang. Jika anda ingin menginap maka bisa menyewa penginapan dengan tarif Rp 100.000. Dan juga bagi yang ingin menyewa alat surfing, anda cukup mengeluarkan uang sebesar Rp 25.000.

Pantai ini sangat alami, karena salah satu lokasi wisata di kawasan pantai selatan yang masih utuh. Pantai Pulau Merah juga memiliki ombak yang bagus untuk surfing. Bagi para surfer, Red Island merupakan salah satu pilihan tempat surfing di Indonesia.Ketika laut surut, para pengunjung dapat mengunjungi tempat ini dengan berjalan kaki. Dengan berjalan kaki, para pengunjung bisa lebih menikmati keunikan tempat ini. Keunikan tersebut berupa gunung kecil yang berada di tengah pantai. Gunung ini tanahnya berwarna merah, oleh karena itu tempat ini dinamakan Pantai Pulau Merah.Pulau Merah adalah sebuah pulau yang berbentuk bukit kecil.

Pulau ini berdampingan dengan pantai yang berpasir putih sepanjang kurang lebih tiga km. Pantai Red Island terletak sekitar 60 kilometer dari Kota Banyuwangi ke arah selatan. Perjalanan yang membutuhkan waktu dua setengah jam. Sebagian kawasan pantai Red Island berada di kaki Gunung Tumpang Pitu yang menjulang ratusan meter dan juga merupakan kawasan hutan lindung.Di sebelah timur pantai ini terdapat pegunungan, yang konon kabarnya mempunyai kekayaan alam yang tersembunyi di sebelah selatan pulau. Dari sanalah kita dapat menikmati indahnya sunset di sore hari. Sekitar 50 meter ke barat terdapat pelabuhan pelelangan ikan yang cukup besar.Ada banyak hal yang bisa dilakukan di sekitar pantai Red Island ini yaitu mulai dari Surfing, Snorkeling, Fishing, Boating, atau sekedar berjalan-jalan menikmati keindahan alam. Di area pantai Red Island ini, terdapat sebuah pura yang biasanya digunakan sebagai tempat untuk penyelenggaraan upacara Mekiyis. Biasanya upacara tersebut dilaksanakan setiap tahun. Upacara ini hanya dilakukan orang-orang yang beragama Hindu

 

 

Do you have a picture of this article? Share it from your Instagram!