Rasakan Sensai Arum Jeram di Sungai Nimanga Sulawesi Utara

In Sulawesi Utara
source:m.tiket.com
source:pandu.flowerslane.com
source:worldtourismindonesia.blogspot.com
source:pandu.flowerslane.com
Written by Nena Nikita Posted 25th July 2014, 12:36pm
Rate this article 

Sekilas ketika mendengar namanya pasti Anda akan berpikir bahwa semua sungai sama saja. Tapi tidak dengan Sungai Nimanga. Sungai Nimanga memang tidak jauh berbeda dengan sungai-sungai yang ada di Indonesia. Tapi akan sangat berbeda ketika Anda sudah mencoba arum jeram di sini. Sungai Nimanga terletak di desa Timbukar, Minahasa, Sulawesi Utara. Untuk mencapai Sungai Nimanga, Anda bisa memakai kendaraan pribadi atau pun kendaraan umum yang mana akan ditempuh selama 3 jam dari Manado-Timbukar. Sungai yang satu ini memang memiliki keunikan tersendiri, Sungai Nimanga memiliki aliran air yang cukup deras, bebatuan yang besar dan juga terjal serta lintasan yang berkelok yang bersumber dari dua air terjun yaitu Air Terjun Tincep 70 meter dan Air Terjun Timbukar 90 meter sehingga sangat pas digunakan untuk arum jeram. Dan disekitar Sungai Nimanga Anda bisa melihat dataran yang bisa digunakan untuk tempat camping. 

Sungai Nimanga memang tempat yang sangat pas untuk camping dan juga arum jeram. Hutan lebat yang terletak di sepanjang sungai juga turut mempercantik Sungai Nimanga, belum lagi suara alam yang berasal dari satwa liar yang saling bersahutan seperti  Monyet khas Sulawesi Utara, dan Tarsius serta berbagai jenis burung. Sungai Nimanga memang menjadi sungai favorit dikalangan pengarung jeram profesional. Tapi bagi pengarung jeram amatir memang masih asing. Selain para pengarung jeram lokal, Sungai Nimanga juga terkenal di kalangan pengarung jeram luar negeri. Sungai Nimanga memang memiliki nilai lebih bagi pengarung jeram, tidak hanya alamnya yang indah tapi sungai ini memiliki lima tingkatan arum jeram. Dan jumlah jeram ini bisa berubah menjadi enam ketika musim hujan datang. Dan yang pasti adrenalin anda akan terpacu ketika mencoba arum jeram di Sungai Nimanga. 

Yang paling menjadi favorit sekaligus paling menantang serta sangat menguji adrenalin adalah Jeram Good Bye. Jeram Good Bye ini memiliki ketinggian jeram mencapai empat meter dan jika Anda ingin berhasil melewatinya maka kekompakan tim dalam mengendalikan perahu menjadi kuncinya. Meskipun memiliki tingkat jeram yang banyak, Anda tidak perlu merasa khawatir karena Sungai Nimanga tetap aman untuk semua pengarung, apalagi pengarung pemula. Selain itu Anda juga akan ditemai oleh pemandu arum jeram. Untuk mengarungi Sungai Nimanga dibutuhkan waktu sekitar lima hingga enam jam dengan jarak 35 kilometer. Jika anda merasa lelah ditengah kegiatan maka anda bisa beristirahat di tepi sungai. Dan diakhir perjalanan anda akan melihat indahnya taman nasional, anda juga akan melihat atraksi ikan duyung dugong di tengah lebatnya mangrove.

 

Do you have a picture of this article? Share it from your Instagram!