Pura Parahyangan Agung Jagatkartta - Pura Eksotis di Kota Hujan

In Jawa Barat
source:ikasoewadji.wordpress.com
source:ikasoewadji.wordpress.com
source:gifarigraphy.blogspot.com
Written by Riyan Adiyahasya Posted 4th August 2013, 12:00am
Rate this article 

Mengunjungi pura ternyata tidak hanya harus jauh-jauh pergi ke Bali. Di Kota Bogor atau yang akrab disebut kota hujan ini juga terdapat sebuah pura yang bernama Pura Parahyangan Agung Jagatkartta. Istimewanya, Pura tersebut merupakan Pura terbesar di Pulau Jawa. Luasnya mencapai 2,5 hektar dan baru diresmikan pada tahun 2005 lalu. Pura ini bisa menjadi wisata alternatif Anda yang menarik.

Pura di lereng Gunung Salak ini terletak di Desa Taman Sari, Kelurahan Ciapus, Kabupaten Bogor. Jika Anda ingin mengunjunginya, jarak lokasi Pura dari pusat Kota Bogor hanya sekitar 15 km. Pura ini dibangun sejak tahun 1984 dengan ukuran yang kecil dan bangunan yang sederhana. Barulah pada tahun 1995 Pura Parahyangan Agung Jagatkartta dipugar dengan biaya sekitar 15 milyar.

Masyarakat setempat yakin, bahwa di sinilah tempat petilasan Prabu Siliwangi (raja masyhur dari Kerajaan Hindu terakhir di Jawa Barat). Berdasarkan legenda itulah maka dibangun Pura khusus untuk menghormati Prabu Siliwangi yang dilengkapi dengan patung macan kumbang.

Pura ini terbagi menjadi dua bagian, yaitu bagian luar yang berfungsi sebagai pintu gerbang, dan bagian dalam berfungsi sebagai tempat sembahyang dan meditasi. Dari gerbang menuju bagian dalam, Anda akan disuguhi pemandangan taman yang tertata cantik saat melintasinya. Tidak hanya itu, pemandangan alam nan hijau dan segarnya udara pegunungan pun bisa Anda rasakan di sini.

Selain menjadi tempat peribadatan, Pura Parahyangan Agung Jagatkartta juga merupakan objek wisata menarik. Banyak di antaranya upacara-upacara keagamaan yang biasa dilakukan di Pura ini, salah satunya adalah Upacara Siwa Ratri. Siwa Ratri merupakan hari suci untuk melaksanakan pemujaan terhadap Hyang Widhi Wasa dalam perwujudannya sebagai Sang Hyang Siwa.

Pengunjung yang datang untuk bersembahyang di Pura ini umumnya berasal dari Bali. Menurut mereka Pura Parahyangan Agung Jagatkartta ini merupakan kembaran dari Pura di Gunung Agung dengan elemen udara. Namun, tidak hanya umat Hindu saja berdatangan ke Pura ini, banyak para wisatawan pun datang untuk melihat Pura terbesar di Pulau Jawa ini.

Tips

Siapa saja diperbolehkan untuk masuk ke dalam Pura. Namun, sebelum masuk pengunjung harus menemui pengempon atau pengurus Pura untuk meminta izin dan memberitahu maksud dan tujuan Anda datang ke Pura tersebut. Setelah diperbolehkan, Anda akan diminta menggunakan kain berwarna kuning dan biru dan diikatkan dibagian pinggang. Pengunjung baik wanita maupun laki-laki diwajibkan berpakaian sopan, dan bagi wanita yang sedang dalam kondisi haid tidak diperbolehkan masuk.

Do you have a picture of this article? Share it from your Instagram!