Pulau Umang - Pulau Eksklusif di Ujung Barat Jawa

In Banten
source:inagurasi.com
source:hejocokor.com
source:inagurasi.com
Written by Riyan Adiyahasya Posted 8th September 2013, 12:00am
Rate this article 

Bicara mengenai objek-objek wisata bahari di Indonesia memang tak akan ada habisnya. Buktinya saja di salah satu pulau di gugusan pulau di ujung barat Pulau Jawa ini, adalah Pulau Umang. Pulau Umang menawarkan berjuta pesona keindahan, seperti panorama pantai yang indah, pasir putih, resort yang memadai, berbagai aktifitas bahari, serta restoran yang tak kalah mewah.

Pulau yang terbilang kecil ini baru diresmikan pada tahun 2004 sebagai pulau wisata, serta dikelola oleh perusahaan pariwisata. Luas pulau ini mencapai 5 hektar. Jika diperhatikan dari peta, Pulau Umang berbatasan dengan Selat Sunda di bagian selatan, tepat berada di pesisir kawasan konservasi TN Ujung Kulon. Secara administratif, pulau ini masuk dalam wilayah Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten.

Nama dari pulau ini diambil dari bentukan atap-atap cottage yang menyerupain cangkang hewan umang-umang. Di pulau ini banyak sekali aktifitas yang bisa dilakukan, seperti snorkeling, bermain jet ski dan banana boat atau sekedar bersantai menikmati debur ombak yang silih berganti menyapu pantai. Pasir pantai di pulau ini sangat bersih dan putih, ditambah aneka biota laut yang bisa Anda temui di perairan sekitar pulau.

Pengelola pulau juga telah mempersiapkan taman bermain bertema outbond dan kolam renang khusus anak-anak yang menghadap laut lepas bagi wisatawan yang membawa anak-anak. Tidak hanya itu, pengunjung bisa juga memanfaatkan tepian pantai yang luas untuk bermain bola. Selain itu, terdapat 30 kamar dengan pembagian, 15 kamar menghadap sunset dan 15 kamar menghadap sunrise, Anda bebas memilih kamar yang akan ditempati!

Bagaimana Cara Menuju Pulau Umang?

Ada dua rute perjalanan darat yang bisa Anda tempuh untuk sampai di Pulau Umang. Rute pertama Anda bisa melewati Tol Jakarta-Merak, keluar di Serang Timur (km 71), kemudian mengikuti jalan Pandeglang sampai Labuan, lantas menuju Taragong-Citeurup-Cigeulis-Cibaliung-Cimanggu dan akhirnya sampai di Sumur. Rute kedua, melalui Tol Jakarta-Merak, keluar di Cilegon Barat, dan mengikuti Anyer-Carita sampai bertemu lagi dengan Labuan, kemudian mengikuti jalur yang sama dengan rute pertama sampai ke Sumur.

Do you have a picture of this article? Share it from your Instagram!