Pulau Sipora - Arena Surfing Kelas Dunia

In Sumatera Barat
source:touristdestinationinindonesia.blogspot.com
source:virtualtourist.com
source:www.nusantarasurfcharters.com
Written by Riyan Adiyahasya Posted 25th May 2013, 12:00am
Rate this article 

Pulau Sipora di Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat, sangat terkenal dengan gulungan ombaknya yang besar dan spektakuler. Terdapat banyak sekali titik-titik surfing dengan berbagai jenis ombak yang beberapa di antaranya telah mendunia dan banyak diincar peselancar dunia. Selain ombak-ombaknya yang menantang, Pulau Sipora juga memiliki panorama alam yang sayang bila dilewatkan. Anda bisa berkeliling menyusuri pantai dan trekking menuju hutan hujan yang masih alami.

Pulau Sipora adalah pulau terkecil dari 4 pulau besar yang ada di Kepulauan Mentawai. Letaknya berada di tengah-tengah Kepulauan Pagai dan Pulau Siberut. Di pulau seluas 845 km? ini juga terletak ibu kota kabupaten Kepulauan Mentawai, yaitu Tua Pejat. Di sana Anda bisa menginap di homestay dekat pemukiman penduduk lokal, atau menginap di resort-resort mewah di sekitaran pulau.

Berselancar merupakan daya tarik utama Pulau Sipora. Telah banyak event-event surfing tingkat internasional yang diselenggarakan di pulau ini. Hollow Trees dan Lance?fs Left adalah titik selancar kelas dunia yang berada di bagian ujung selatan Pulau Sipora. Ombaknya berbentuk silinder dan dikenal dengan right tube. Hollow Trees tidak dianjurkan untuk peselancar pemula karena tantangan ombaknya hadir untuk peselancar profesional. Sejumlah titik berselancar yang tersohor lainnya berada di barat laut pulau, seperti Telescopes, Iceland, and Scarecrows.

Selain menantang ombak di Pulau Sipora, Anda juga dapat melirik titik selancar lainnya yang berada di pulau-pulau terdekat seperti di Pulau Nyang-nyang dan Simakakang. Ombak di Pulau Nyang-Nyang dapat mencapai ketinggian hingga 4 meter. Beberapa ombak menantang di pulau kecil ini di antaranya adalah Nifusi, Bank Vaults, Pit Stop, E Bay, dan Beng-Beng.

Speedboat adalah kendaraan utama di kawasan Kepulauan ini. Selain menaklukkan ombak-ombak besar, keindahan pulau cantik ini juga tidak diragukan. Panorama pantai yang eksotis dan kondisi pulaunya yang masih alami menjadikan tempat ini sebagai tempat rekreasi yang cocok bagi keluarga. Bersantai di pantai menikmati pemandangan, sambil menanti matahari tenggelam adalah sesuatu yang layak Anda lakukan di Pulau Sipora.

Do you have a picture of this article? Share it from your Instagram!