Pulau Saronde - Surga Yang Hilang di Gorontalo Utara

In Gorontalo
source:http://www.pariwisatagorontaloutara.com
source:http://www.pariwisatagorontaloutara.com
source:http://www.pariwisatagorontaloutara.com
source:http://nyasarbarengsaya.blogspot.com
Written by Aditya Tri Hutama Posted 11th December 2013, 2:11am
Rate this article 

Surga yang hilang tersebut bernama Pulau Saronde. Pulau yang jarang terdengar ini adalah pulau yang berada di sebelah utara Gorontalo tepatnya di Kecamatan Kwandang, kira-kira 65 km dari pusat kota. Pulau Saronde lebih dikenal masyarakat Gorontalo sebagai pulau yang kecil dengan hamparan pasir putih yang menawan. Bayangkan, luas keliling pulaunya saja hanya 2 hektar! Pulau berpasir putih ini memiliki ciri khas air laut jernih nan dangkal dan keindahan batu karang yang menyertainya.

Di Pulau Saronde Anda dapat melakukan berbagai aktifitas penyelaman dan permainan air. Anda bisa merasakan taman indah di dasar laut yang menyuguhkan ikan-ikan cantik yang berenang di antara sela-sela bebatuan karang. Taman indah bawah laut ini bisa Anda saksikan hanya dari kedalaman 150 cm saja, sungguh jarak yang dangkal untuk menyaksikan hal serupa dibandingkan di tempat lain.

Jika Anda tidak menyukai kegiatan penyelaman, Anda juga bisa bermain-main di tepi pantai. Anda bisa melakukan berbagai kegiatan olahraga seperti futsal pantai, bermain bola voli ataupun kegiatan outbond lainnya. Pantai di Pulau Saronde juga memiliki spot khusus untuk kegiatan bersantai, yaitu spot deretan pohon-pohon pinus yang berada di ujung pulau. Spot ini bisa Anda pergunakan ketika matahari sedang terik sekali. Pulau ini juga sering digunakan sebagai arena outbond bagi pecinta petualang karena adanya hutan mini di ujung pulau yang mempunyai pohon-pohon besar untuk permainan menantang adrenalin.

Tak mau cepat-cepat pulang ke kampung halaman, Anda bisa menyewa cottage atau penginapan berupa gubuk kayu di tepi pantai. Harga untuk per malamnya hanya Rp.150.000,- saja. Alternatif lain yang bisa Anda gunakan untuk bermalam adalah dengan mendirikan tenda di area pulau. Santai saja, karena pendirian tenda di area pulau masih belum berbayar, Anda bisa berpuas diri.

Akses masuk yang bisa Anda gunakan adalah angkutan umum dengan destinasi Gorontalo ke arah Kwandang, lalu ditempuh lagi dengan jasa angkutan penduduk atau biasa dikenal dengan taxi wisata ke Pulau Saronde. Biaya pemberangkatan dari dermaga ke pulau ini hanya sekitar Rp.25.000,-. Biaya pertama untuk angkutan umum Rp.15.000,- dan biaya kedua untuk taxi wisata hanya Rp.10.000,- per orangnya.

Do you have a picture of this article? Share it from your Instagram!