Pulau Sangiang - Pulau yang dijuluki Seven Wonders of Banten

In Banten
source:jetskisportanyerbanten.blogspot.com
source:jetskisportanyerbanten.blogspot.com
source:kaskus.co.id
Written by Riyan Adiyahasya Posted 21st October 2013, 9:20am
Rate this article 

Berwisata ke Provinsi Banten sepertinya tidak akan pernah membosankan. Pasalnya provinsi ini memiliki berbagai jenis potensi wisata yang menarik. Mulai dari objek wisata alam, wisata bahari, wisata sejarah, wisata budaya, dan berbagai objek wisata lainnya terdapat di sini. Salah satu objek wisata andalannya adalah pulau yang terkenal dengan julukan ?gSeven Wonders of Banten?h, yaitu Pulau Sangiang.

Pulau Sangiang merupakan kawasan konservasi Taman Wisata Alam (TWA) yang terletak di Selat Sunda, Banten, atau tepatnya berada di Desa Cikoneng, Kecamatan Anyer, Kabupaten Serang. Untuk menuju pulau ini, dari Serang, Ibu kota Provinsi Banten, Anda bisa menaiki bus atau kendaraan pribadi ke arah Cilegon. Perjalanan kemudian dilanjutkan menuju Anyer dan singgah di Pantai Manuk di Desa Cikoneng. Dari sana, Anda bisa melanjutkannya dengan naik kapal ke Pulau Sangiang dengan waktu tempuh sekitar satu jam.

Apa yang menarik di Pulau Sangiang?

Pulau seluas sekitar 720 hektar ini menyimpan pesona keindahan alam yang membuat siapa pun takjub. Baik di darat maupun lautnya menawarkan banyak objek wisata yang menarik, sedikitnya terdapat 23 spot wisata yang bisa Anda jelajahi di pulau ini. Di sepanjang pesisirnya terbentang pantai berpasir putih di antaranya Pantai Pasir Panjang dan Pantai Batu Mandi. Selain itu, Anda juga bisa mendaki tebing, menjelajahi goa tempat bersarangnya ratusan kelelawar, bahkan melihat peninggalan sejarah berupa bunker bekas kolonial Jepang.

Keistimewaan lain dari Pulau Sangiang adalah Anda bisa melakukan scuba diving, snorkeling, memancing, atau melihat keindahan terumbu karang dengan glass bottom boat. Jika ingin melihat pesona alam bawah lautnya, Anda bisa mengunjungi kawasan Tanjung Raden, Legon Waru, dan perairan di sebelah selatan pulau.

Di kawasan ini juga terdapat berbagai flora langka seperti cemara laut (Casuarina Equisetifolia), dadap laut (Erithrina Variegata), bayur (Pterospermum Javanicum), ketapang (Terminalia Catappa), nyamplung (Callopphyllum Inoplhylum), api-api (Avicenia sp), waru laut (Hibiscus Tiliaceus), walikukun (Actinophora Fragrans), dan masih banyak yang lainnya.

Pulau Sangiang bukanlah pulau tak berpenghuni. Ada sekitar 50 kepala keluarga di satu rukun tetangga menghuni pulau ini. Walaupun telah dihuni manusia, kelestarian alam pulau ini masih terjaga dengan baik, terlihat dari pepohonan yang hijau dan alami, serta dihiasi juga dengan kicauan beraneka burung. Pulau Sangiang memang cocok dipilih sebagai salah satu tempat wisata Anda di Provinsi Banten.

Do you have a picture of this article? Share it from your Instagram!