Pulau Poya Lisa - Surga kecil yang Tersembunyi

In Sulawesi Tengah
source:http://onewaytickettomoscow.wordpress.com
source:http://indonesia.travel
Written by Riyan Adiyahasya Posted 5th April 2013, 2:34am
Rate this article 

Kepulauan Togean terkenal dengan surga di bawah lautnya yang sangat indah. Keindahannya membuat siapa pun jatuh hati pada kepulauan tersebut. Salah satu pulau di Kepulauan Togean yang unik dan patut Anda kunjungi adalah Pulau Poya Lisa. Sebagai sebuah pulau terpencil, pulau tersebut akan membuat Anda terkagum-kagum atas keindahan alam dan bawah lautnya.

Poya Lisa merupakan salah satu pulau kecil yang terdapat di Kepulauan Togean, sekitar 100 km utara Provinsi Sulawesi Tengah. Pulau ini memang belum dikenal banyak wisatawan, namun tak sedikit wisatawan dari mancanegara yang ingin melihat keindahan pulau eksotis ini. Dengan luas hanya 5 hektar, hamparan pasir yang berkilauan dan terumbu karang yang cantik siap menyambut Anda.

Pulau ini pasalnya milik pribadi, dikelola dan dimiliki oleh seorang warga lokal yang bernama Bapak Ismali. Bapak Ismail membeli dan mengelola bersama-sama sanak saudaranya sejak belasan tahun yang lalu. Beliau juga pemilik resor yang berada di pulau, ada 8 buah resor yang semuanya menghadap ke pantai. Keistimewaan pulau ini adalah 2 pantainya yang terpisah dan membentuk sebuah laguna, juga tebing tinggi yang biasa dipakai untuk menikmati sunset.

Pulau Poya Lisa memiliki sebuah paket wisata bahari yang lengkap, tentunya kegiatan wajib yang dapat dilakukan adalah snorkeling dan diving. Pulau berkarang atol dengan hamparan pantai yang putih bersih, laut, terumbu karang, membuat Anda seakan sedang berada di surga. Selain itu, Anda juga dapat menyewa perahu dari pagi hingga sore hari dengan kisaran harga Rp 150 ribu untuk menyeberang ke pulau-pulau lainnya yang tak jauh dari Pulau Poya Lisa.

Sayangnya Pulau Poya Lisa ini lebih dikenal oleh wisatawan asing dibanding dengan orang Indonesia sendiri. Jika Anda berminat mengunjungi surga kecil ini, Anda dapat memulai perjalanan dari Kota Ampana (Ibukota Kabupaten Tojo Una Una, Sulawesi Tengah) menuju Pulau Bomba dengan menggunakan speedboat yang memakan waktu sekitar 30 menit. Dari Pulau Bomba, waktu perjalanan yang Anda butuhkan hanya 15 menit untuk mencapai Pulau Poya Lisa.

Do you have a picture of this article? Share it from your Instagram!