Pulau Peucang - Pulau Eksotis di Ujung Kulon

In Banten
source:@chepidev - Instagram
source:@chepidev - Instagram
source:@chepidev - Instagram
source:@chepidev - Instagram
source:@chepidev - Instagram
source:@chepidev - Instagram
Written by Riyan Adiyahasya Posted 27th March 2013, 2:45am
Rate this article 

Indonesia merupakan negara dengan ribuan pulau-pulau yang menyembunyikan panorama yang luar biasa indahnya. Salah satu destinasi wisata alam pantai kali ini merupakan kawasan yang menyajikan panorama alam yang sempurna. Jika penasaran, maka Anda harus menyambangi pulau yang bernama Pulau Peucang.

Pulau Peucang terletak di Selat Panaitan, Kabupaten Pandeglang, Banten, atau di sebelah timur Taman Nasional Ujung Kulon. Perjalanan menuju pulau ini memang cukup jauh, namun Pulau Peucang telah menanti Anda dengan keindahan pasir putih dan terumbu karang, dan air laut yang biru sempurna untuk menyelam. UNESCO bahkan menganugerahi pulau ini sebagai salah satu dari situs alam warisan dunia karena memiliki keberagaman flora dan fauna.

Pulau ini merupakan bagian dari kawasan Taman Nasional Ujung Kulon. Di sini dapat Anda jumpai berbagai macam satwa seperti Rusa (Cervus timorensis), Banteng Jawa (Bos javanicus javanicus), Merak Hijau (Pavo muticus), Lutung (Trachypithecus auratus auratus), Kijang, dan satwa menarik lainnya. Walaupun belum banyak orang tahu keberadaan pulau ini, namun tidak sedikit pula wisatawan lokal dan mancanegara yang berkunjung untuk membuktikan pesona alam di Pulau Peucang.

Karena Pulau Peucang merupakan Base Camp dan tempat registrasi wisatawan yang ingin menjelajahi Taman Nasional Ujung Kulon, pulau ini menyediakan beragam fasilitas seperti penginapan dan restoran untuk para wisatawan yang ingin beristirahat di pulau. Namun sayangnya, tidak ada sinyal telepon selular di tempat ini. Namun, Anda bisa menggunakan telepon via satelit yang disediakan pengelola. Walaupun demikian, keterasingan tersebut akan sebanding dengan landscape yang disuguhan Pulau Peucang.

Puas menikmati panorama alam, Anda bisa turun ke dasar laut untuk melihat keindahan alam bawah laut dengan keanekaragaman ikannya. Selain itu, perairan laut di kawasan Pulau Peucang pun cocok bagi para wisatawan yang hobi memancing. Romantisme alam juga bisa dilihat manakala matahari sudah mulai kembali ke peraduan, diikuti suara ombak Samudera Hindia yang menambah eksotisme pulau.

Bagaimana cara menuju Pulau Peucang?

Untuk menuju Pulau Peucang, jika menggunakan kendaraan pribadi Anda bisa mengikuti arah menuju Labuan dengan jarak tempuh kurang lebih 6 jam. Dari Labuan, perjalanan dilanjutkan menuju Desa Sumur yang merupakan gerbang masuk Pulau Peucang. Apabila menggunakan kendaraan umum, Anda bisa naik bus jurusan Jakarta ? Labuan dengan harga sebesar Rp 30.000. Dari terminal tersebut perjalanan dilanjutkan menuju Desa Sumur dengan tarif Rp 10.000. Setibanya di sana, Anda dapat menyewa perahu motor yang akan mengantarkan Anda menuju Pulau Peucang dengan tarif Rp 750 ribu sampai Rp 1.500.000 dengan waktu perjalanan sekitar 3 ? 4 jam tergantung kondisi cuaca dan ombak.

Do you have a picture of this article? Share it from your Instagram!