Pulau Pahawang - Surga Baru Para Diver di Lampung

In Lampung
source:www.lampungonline.com
source:www.backpackerindonesia.com
source:elevencolt.blogspot.com
Written by Riyan Adiyahasya Posted 15th August 2013, 8:20am
Rate this article 

Pulau Pahawang merupakan surga baru bagi para pecinta bawah laut. Terumbu-terumbu karang yang masih alami, serta ikan berwarna-warni bisa Anda temukan di sana. Pulau satu ini merupakan objek wisata andalan baru di Provinsi Lampung, letaknya tak begitu jauh dengan Teluk Kiluan yang telah lebih dulu tersohor.

Pulau Pahawang terletak di Lampung Selatan, atau tepatnya berada di Kecamatan Punduh Pidada, Kabupaten Pesawaran. Pulau seluas 1.084 hektar ini diselimuti oleh pepohonan hijau nan alami, di pesisirnya pun terhampar pasir-pasir yang putih dan bersih. Di sana juga terdapat pulau-pulau kecil lain yang bisa Anda susuri, seperti Pulau Pahawang Kecil, Pulau Gosong, dan Pulau Kelagian.

Jika Anda ingin melihat keindahan bawah lautnya, spot-spot terbaiknya banyak terdapat di sekitar Pulau Pahawang Besar dan Pahawang Kecil. Salah satunya terdapat kapal nelayan yang karam, kapal tersebut menjadi tempat para ikan-ikan cantik bersembunyi. Perairan di Pulau Pahawang ini sendiri sangatlah jernih dan bersih, sampai-sampai Anda bisa melihat hamparan terumbu karang, ikan-ikan cantik, dan berbagai tumbuhan laut dari permukaan.

Puas menikmati pesona bawah lautnya, wisatawan juga bisa menginap di beberapa villa di sekitar pulau. Terdapat juga saung-saung di tepi pantai untuk para pengunjung yang ingin bersantai seraya menikmati keindahan pantai. Jika ingin berkeliling menyusuri pulau lain, Anda bisa menyewa perahu milik nelayan setempat. Tujuan favorit wisatawan biasanya ke Pulau Kelagian, di sana terkenal karena lokasinya yang ideal untuk berenang dan bersantai.

Pulau Pahawang bukanlah pulau yang tak berpenghuni, di sana tersebar enam dusun dengan total penduduk sekitar 1.533 jiwa. Penduduk asli sendiri banyak menghuni di Pulau Pahawang Besar. Sementara di Pulau Pahawang Kecil, dihuni oleh seorang berkewarganegaraan Prancis yang akrab dengan panggilan Mr. Jo oleh penduduk sekitar.

Bagaimana cara menuju Pulau Pahawang?

Pulau Pahawang dapat dicapai melalui pelabuhan kecil bernama Ketapang. Pelabuhan yang dimaksud bukanlah Pelabuhan Ketapang yang berada di Banyuwangi, melainkan di Lampung. Dari pelabuhan tersebut, Anda dapat melanjutkan perjalanan ke Pulau Pahawang Besar yang memakan waktu sekitar 1 jam.

Do you have a picture of this article? Share it from your Instagram!