Pulau Manado Tua - Pulau Impian Yang Nyata

In Sumatera Utara
source:ioi.jeni-roxy.com
source:indonesiakuindah.com
source:mari-berwisata.blogspot.com
Written by Nena Nikita Posted 26th September 2014, 11:10am
Rate this article 

Setiap orang pasti pernah bermimpi memiliki pulau sendiri, dan ternyata Indonesia memiliki pulau impian yang sangat indah. Pulau Manado Tua namanya, terletak di Sulawesi Utara tidak jauh dari Kota Manado. Untuk mencapai pulau ini caranya juga sangat mudah, Anda bisa menggunakan kapal motor yang memakan jarak tempuh sekitar 10 mil dari kota Manado.

Pulau Manado Tua bersama dengan Pulau Bunaken, Pulau Siladen, Pulau Mantehage dan Pulau Nani merupakan pulau yang terletak dalam gugusan pembentuk Taman Nasional Bunaken-Manado. Antara pulau satu dan yang lain letaknya saling berdekatan dan hanya dipisahkan palung dengan kedalaman 1.200 meter.Sebagai warga Indonesia, kita semua memang patut berbangga hati karena Taman Nasional Bunaken-Manado merupakan salah satu tempat menyelam dengan keindahan bawah laut paling menakjubkan di dunia. Taman laut yang sempurna serta biota bawah lautnya. Taman laut yang indah dengan beragam biota laut seperti berbagai jenis ikan hias seperti Hippocampus sp, kima raksasa, serta penyu sisik dan penyu hijau, dan juga ada biota laut langka diantaranya dugong dan lumba-lumba.

Anda juga bisa melihat terumbu karang yang indah, yang mana perlu anda kethaui juga bahwa Untuk terumbu karang anda bisa menemukan jenis Pocilopora sp, Seriaattopora sp, Pachyseris sp, Porites sp, Fungia sp, Herpolitha sp, Holomitra sp, Galaxea sp, Pectinia sp, Lobophyllia sp, Echinopora sp, dan Tubastrea sp di perairan Pulau Manado Tua. Karena keistimewaan itulah, pada tahun 2009 perairan dikawasan pulau ini menjadi tuan rumah World Ocean Conference yang pertama.

Selain itu, sejarah akan keberadaan suku Bowontehu akan menjadi pengalaman berharga yang bisa Anda dan keluarga miliki.Dahulu suku Bowontehu sudah berdiam di Pulau Manado Tua sekitar tahun 1623. Dan pada saat itu, Pulau Manado Tua dikenal dengan nama Manarow yang mana orang-orang dari Etnis Sangir Tua tinggal di pulau ini. Saat ini Pulau Manado Tua memiliki 3.200 jiwa penduduk yang bekerja sebagai nelayan dan petani. Mereka turut aktif menjaga kelestarian terumbu karang dengan bantuan pemerintah setempat. Terbukti, pulau-pulau di sini masih bersih dan juga bebas dari limbah sampah dan polusi perkotaan. Kebersihan ini didukung adanya peraturan yang melarang kegiatan penangkapan ikan dan juga terumbu karang, apalagi yang menggunakan peledak, sehingga tak heran jika kelestarian alam disini tetap terjaga. Pulau Manado Tua memang tidak boleh ketinggalan untuk masuk list tempat Anda berwisata.

Do you have a picture of this article? Share it from your Instagram!