Pulau Kemaro - Wisata Religius di Tengah Sungai Musi

In Sumatera Selatan
source:fotopedia.com
source:fotopedia.com
source:fotopedia.com
Written by Riyan Adiyahasya Posted 27th April 2013, 7:25am
Rate this article 

Sebuah delta unik yang dapat kita temukan di Sumatera Selatan, dikenal dengan nama Pulau Kemaro, merupakan salah satu lokasi tujuan wisata keagamaan Provinsi Sumatera Selatan yang terletak di tengah Sungai Musi. Selain lokasi yang unik, di pulau ini terdapat sebuah vihara Cina dan terdapat Pagoda 9 lantai yang menjulang di tengah-tengah pulau. Sampai saat ini Pulau Kemaro masih menjadi tujuan wisata keagamaan bagi penduduk dari sekitar Kota Palembang hingga negara tetangga untuk merayakan hari Cap Go Meh, yang jatuh 15 hari setelah hari Imlek.

"Pulau Kemarau konon tidak pernah terendam air dan tetap kering meskipun debit air Sungai Musi meningkat"
Pulau yang luasnya 24 hektar dan terletak sekitar 6 kilo meter dari Jembatan Ampera ini terus kedatangan wisatawan, walaupun diperlukan sebuah perahu untuk mencapai pulau ini. Hal ini dikarenakan Pulau Kemaro memiliki sebuah legenda kuno yang menceritakan kisah cinta sejati antara putri raja Sriwijaya dengan putra raja dari kerajaan di Cina yang bernama Tan Bun An yang tenggelam di Sungai Musi. Di dalam legenda tersebut dipercaya bahwa makam putri raja Sriwijaya dan kekasihnya Tan Bun An berada di Pulau Kemaro.

Selain itu, masih ada sebuah keunikan dari Pulau ini. Pulau Kemaro yang berarti Pulau Kemarau, konon tidak pernah terendam air dan tetap kering meskipun debit air Sungai Musi meningkat.

Do you have a picture of this article? Share it from your Instagram!