Pulau Berhala - Pulau Asri dan Alami yang tak Berpenduduk

In Jambi
source:henytag.wordpress.com
source:henytag.wordpress.com
Written by Rendyadi Amnar Posted 4th September 2013, 2:55am
Rate this article 

Pulau Berhala adalah pulau yang berbatasan langsung dengan Malaysia. Terletak di perairan Selat Malaka dan secara administratif masuk ke dalam wilayah Provinsi Jambi.

Nama "Berhala" tidak diambil dari barang sesembahan zaman dahulu, melainkan diambil dari nama Raja Jambi, yaitu Datuk Paduko Berhala, yang makamnya juga terdapat pada pulau ini. Pulau berhala kaya akan beraneka ragam terumbu karang yang berada dalam lautan yang jernih.

Pulau berhala memiliki luas sekitar 2.5 hektar. Jika Anda berkunjung ke pulau ini, Anda akan merasakan sensasi seperti berada di pulau pribadi, mengingat tidak adanya penduduk yang berdiam di pulau ini. Selain itu, pulau ini juga belum ramai dikunjungi oleh para pelancong. Pulau Berhala masih memiliki kondisi alam yang alami dan sangat asri.

Karena letak geografisnya termasuk sebagai salah satu yang terluar dari Indonesia, pulau ini pernah menjadi perebutan oleh beberapa negara tetangga. Selain itu, penjagaan dilakukan oleh angkatan laut Indonesia hingga saat ini.

Belum ada transportasi khusus yang ditujukan untuk Pulau Berhala. Untuk itu, jika Anda ingin melancong ke pulau ini, Anda harus menyewa kapal nelayan. Biaya yang dibutuhkan untuk menggunakan kapal nelayan juga terbilang cukup mahal serta memiliki waktu tempuh sekitar 3 hingga 5 jam.

Do you have a picture of this article? Share it from your Instagram!