Pulau Bawah - Surga yang Belum Terjamah

In Kepulauan Riau
source:exploreanambas.blogspot.com
source:exploreanambas.blogspot.com
Written by Riyan Adiyahasya Posted 9th August 2013, 12:00am
Rate this article 

Anambas, merupakan sebuah kepulauan di Provinsi Kepulauan Riau yang wilayahnya berbatasan langsung dengan Laut Cina Selatan. Kepulauan Anambas terdiri dari pulau-pulau yang memiliki keindahan yang tiada batas. Salah satu pulau yang terindah di Kepulauan Anambas ini bahkan telah dinobatkan sebagai salah satu dari "Asia's top five tropical island paradises" yang diselenggarakan oleh CNN.com, Pulau tersebut tak lain adalah Pulau Bawah.

Pulau Bawah merupakan pulau yang tak berpenghuni, memiliki luas sekitar 66 hektar dan dikelilingi empat pulau-pulau kecil. Tak heran bila pulau satu ini dinobatkan sebagai pulau tropis terindah, di Pulau Bawah terdapat sebuah laguna yang berada persis di tengah lautan, panoramanya begitu indah dan bahkan menjadi impian para wisatawan dunia.

Laguna di Pulau bawah ini dibentuk oleh gugusan pulau-pulau kecil di tengah lautan lepas, pemandangannya begitu menakjubkan dan airnya berwarna biru jernih hingga Anda bisa melihat ikan-ikan berwarna-warni dari permukaan. Laguna ini juga diselimuti oleh pasir putih dan tebing karang di beberapa titik. Kealamian dan keeksotisannya bahkan telah terkenal di dunia, sayangnya di Indonesia sendiri Pulau Bawah belum terdengar gaungnya bak surga yang belum terjamah.

Kepulauan Anambas sendiri terdiri dari lima pulau, yakni Pulau Bawah, Sanggah, Murbah, Lidi, dan Elang, semuanya merupakan pulau tak berpenghuni. Formasi kelima pulau itulah yang membentuk laguna nan indah ini. Bagi Anda pecinta snorkeling ataupun diving, tempat ini merupakan tempat terbaik yang Indonesia memiliki.

Untuk sampai di sana memang tidak mudah. Dari Jakarta Anda bisa berangkat dengan pesawat menuju Tanjung Pinang, Kepulauan Riau. Perjalanan kemudian bisa dilanjutkan menggunakan pesawat komersil menuju Bandara Matak di Kepulauan Anambas.

Do you have a picture of this article? Share it from your Instagram!