Potret Indah Danau Singkarak

In Sumatera Barat
source:sonay.blogspot.com
source:antarsumbar.com
source:wonderful-indonesia.blogspot.com
source:tripwow.tripadvisor.com
Written by Riyan Adiyahasya Posted 4th March 2013, 12:00am
Rate this article 

Danau Singkarak merupakan danau terluas kedua di Sumatera dengan luas mencapai 1000 hektar. Sebuah danau kawah yang tenang, airnya yang jernih, dan udaranya yang sejuk akan memikat siapa saja yang datang ke Danau Singkarak.

Danau Singkarak terbentang di dua kabupaten, yaitu Kabupaten Solok dan Tanah Datar. Danau Singkarak juga merupakan hulu dari Sungai Ombilin dan Sungai Anai. Danau eksotis ini selalu ramai dikunjungi wisatawan. Di sana Anda dapat menikmati pemandangan danau lebih dekat dengan menggunakan perahu yang dapat Anda sewa.

Dengan mengeluarkan kocek sekitar Rp 100.000, Anda dapat berkeliling menggunakan perahu sambil menikmati keindahan alam Solok yang terlukis dengan sangat sempurna. Wisatawan yang ingin menghabiskan malam di daerah ini juga bisa menggunakan sarana penginapan berupa hotel dan wisma yang ada di sepanjang danau.

Tak habis jika membicarakan keindahan alam di danau terluas setelah Danau Toba ini. Jika Anda berkunjung kesana, tak lengkap rasanya bila tidak menikmati lezatnya ikan Bilih yang terkenal. Konon, ikan Bilih ini merupakan spesies ikan yang tidak ditemukan di tempat lain. Jenis ikan ini bahkan tidak bisa hidup dimanapun selain di Danau Singkarak.

Selain berekreasi, ada sebuah event internasional yang digelar di sini setiap tahunnya. Event bergengsi tersebut ialah Tour de Singkarak. Tour de Singkarak diselenggarakan untuk pertama kalinya oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia pada tahun 2009 lalu.

Perhelatan akbar lomba sepeda berskala internasional ini berhasil menarik para peserta dari segala penjuru dunia untuk datang ke Sumatera Barat. Sejak digelarnya event tersebut, wisatawan mancanegara yang menginap di hotel berbintang di Sumatera Barat meningkat hingga 20%.

Do you have a picture of this article? Share it from your Instagram!