Piramida Cartensz - Salju Abadi di Garis Khatulistiwa

In Papua
source:jelajahtempatwisata.com
source:jelajahtempatwisata.com
source:indonesia.travel
source:jelajahtempatwisata.com
Written by Riyan Adiyahasya Posted 2nd May 2013, 3:39am
Rate this article 

Gunung beratapkan salju yang berada di Papua ini adalah sebuah impian bagi para pendaki untuk bisa menjejakkan kaki di puncaknya. Berada di ketinggian 4.884 m dpl, Puncak Jayawijaya atau yang lebih dikenal oleh para pendaki sebagai Piramida Cartensz memang fenomenal. Gunung tersebut merupakan satu-satunya gunung di Indonesia yang memiliki puncak yang tertutup oleh salju abadi.

Piramida Cartensz atau Puncak Jayawijaya terletak di kawasan Taman Nasional Laurentz, Papua. Puncak ini juga dikenal sebagai salah satu dari tujuh puncak benua (Seven Summit) yang sangat terkenal. Banyak pendaki profesional dari berbagai belahan dunia datang untuk menaklukan puncaknya. Jalur yang ekstrim serta cuaca yang tidak bisa diprediksi merupakan tantangan besar yang harus dilalui oleh para pendaki.

Ingin menaklukkan Puncak Jayawijaya? Sebelum Anda memutuskannya, sebaiknya pikirkan dahulu segala rintangan yang akan dihadapi, mengingat Puncak Jayawijaya merupakan salah satu puncak yang paling sulit ditaklukkan di dunia. Pendaki pertama yang tercatat pernah menaklukkan Puncak Jayawijaya adalah tim ekspedisi yang dipimpin oleh Heinrich Harrer pada tahun 1962. Dia adalah seorang pendaki ulung dan penulis terkenal dalam bukunya Seven Years in Tibet.

Perjalanan besar dan panjang menuju puncaknya sebenarnya sebanding dengan kepuasannya. Berdiri di atas puncak tertinggi di Indonesia dengan pemandangan yang sama sekali tidak bisa diungkapkan oleh kata-kata akan menjadi pengalaman berharga Anda seumur hidup. Tentunya tidaklah mudah untuk menggapai hal tersebut, diperlukan biaya sekitar Rp 100 juta untuk memfasilitasi perjalanannya.

Sebagai tambahan, nama Cartensz sendiri diambil dari nama belakang seorang pelaut asal Belanda yang bernama Jan Cartensz. Pelaut tersebut merupakan orang yang pertama kali melihat adanya salju di puncak gunung pada tahun 1623.

Do you have a picture of this article? Share it from your Instagram!