Pink Beach - Anugerah Indah Pulau Berpasir Merah

In Nusa Tenggara Timur
source:mandalleboatcharter.com
source:valadoo.com
source:mandalleboatcharter.com
Written by Aditya Tri Hutama Posted 28th January 2015, 1:55pm
Rate this article 

Menjadi salah satu dari 7 pulau yang mempunyai pasir merah di dunia adalah penobatan yang luar biasa untuk sebuah pantai di Indonesia. Dengan pasir pantainya yang berwarna merah menjadikan Pink Beach menjadi satu-satunya pantai di Indonesia yang masuk daftar pantai berpasir merah di dunia. Ada 7 pantai di dunia yang mempunyai pasir pantai merah, termasuk Pink Beach yang berada di Taman Nasional Komodo. Deretan ketujuh pantai tersebut adalah Pink Beach di Harbor Island, Bahamas Bermuda, Santa Crus Filipina, Sadinia Italia, Bonaire Dutch dan Balos Lagoon di Yunani.

Pink Beach menjadi salah satu daya tarik lain di Taman Nasional Komodo. Selain hanya menyaksikan Komodo yang berkeliaran di Taman Nasional ini, Andapun bisa bersanti sejenak di Pink Beach menyaksikan keelokan keindahan pantai yang ada disini. Ditambah lagi dengan warna pasir yang tidak biasa menjadikan suasana yang ada di Pantai Pink ini terasa berbeda dengan pantai yang ada di derah lain. Entah darimana asal muasal warna pasir pantai di daerah ini bisa berwana merah.
Beberapa pengamat memberikan penyataan bahwa warna dari pasir pantai ini bisa berwarna merah karena pecahan batuan karang berwarna merah yang sudah mati di kawasan Pink Beach. Beberapa pengamat juga membenarkan pernyataan ini dengan meniliti hewan mikroskpik yang berada di batuan karang tersebut. Dan ditemukanlah hewan bernama foraminifera yang memproduksi warna merah pada bagian terumbu karang tersebut. Dari proses pecahan-pecahan batuan karang tersebutlah maka didapatkan pasir pantai yang berwarna merah. Proses ini tidak terjadi begitu cepat, melainkan membutuhkan ratusan tahun hingga pasir pantai di kawasan ini berwarna merah semuanya.

Kawasan Pink Beach ini sangat terpencil menjadikan kawasan disekitarnya sepi dari penghuni masyarakat lokal. Penghuni masyarakat lokal lebih memilih untuk tinggal di Labuan Bajo. Di kawasan Labuan Bajo inilah Anda bisa mendapatkan akses penginapan yang disediakan oleh warga lokal Kampung Komodo. Semua kebutuhan yang Anda butuhkan akan dapat ditemui dengan mudah di Labuan Bajo ini. Dengan fasilitas yang sederhana, Anda akan merasakan nikmatnya hidup di Kampung Komodo yang tentram dengan hiruk pikuk masyarakat yang ramah. Untuk menu makanan juga sangat sederhana sekali, masakan khas Kampung Komodo akan sangat familiar di tengah-tengah kedatangan Anda  desa tersebut.

Aktifitas yang bisa Anda lakukan di Pink Beach ini adalah aktifitas bahari dan aktifitas santai di tepi pantai. Untuk Anda yang menyukai aktifitas bahari sangatlah cocok dengan spot di Pink Beach ini. Dengan keindahan dan kekayaan biota lautnya yang masih terjaga, kegiatan penyelaman Anda akan sangat variatif dengan keindahan yang tersaji. Taman bawah laut Pink Beach menawarkan beragam keindahan dengan ratusan terumbu karang dan berbagai jenis biota laut endemik di Taman Nasional Komodo. Untuk perlengkapan penyelaman, Anda bisa menyewa kapal-kapal LOB (Live Aboard) yang biasa bersandar di Labuan Bajo.

Di kapal-kapal LOB inilah Anda bisa menyewa perlengkapan penyelaman dan melakukan penelusuran pesona pulau-pulau lain di Pulau Komodo. Di kapal LOB ini Anda juga dapat menginap selama melakukan wisata di Pulau Komodo. Perlu Anda ketahui juga para pembaca sekalian, berhati-hatilah pada saat Anda berenang atau berjemur di kawasan Pink Beach ini. Jika ditemui hewan Komodo yang berkeliaran di sekitar Anda selayaknya Anda berhati-hati dan mengurungkan sejenak aktifitas yang Anda lakukan. Ikuti selalu petunjuk tour guide yang memandu Anda di setiap kegiatan yang Anda lakukan. Jangan sampai lengah sedikit pun dari pengawasan tour guide yang setiap memandu Anda. Biasanya untuk para wisatawan yang akan masuk ke Pink Beach akan dipandu dengan personil tour guide dan polisi hutan (Jagawana)untuk menjaga Anda.

Do you have a picture of this article? Share it from your Instagram!