Pesona Taman Laut Enggano Yang Menawan

In Bengkulu
source:enggano.blogspot.com
source:wikipedia.org
source:travel-n-travel.blogspot.com
Written by Nena Nikita Posted 26th March 2014, 4:48am
Rate this article 

Sebuah suasana asri langsung menyambut Anda saat menginjakkan kaki di pulau satu ini. Pemandangan alamnya akan memanjakan siapa saja yang melihatnya, indah nan asri di tengah lautan yang biru akan menambah kesan menakjubkan pada pulau ini, Pulau Enggano, yang terletak di Kecamatan Enggano, Kabupaten Bengkulu Utara, Provinsi Bengkulu. Kata Enggano sendiri berasal dari Portugis yang berarti kecewa. Tapi siapapun yang mendatangi pulau ini tidak akan pernah merasa kecewa karena keindahan alam yang ditawarkan tidak akan terlupakan. Penamaan pulau ini tidak diketahui asal sejarahnya, karena pada saat seorang yang bernama Cornelis de Houtman mengunjungi pulau ini pada 5 Juni tahun 1596 pulau ini telah diberi nama Enggano.

Di antara keindahan yang ditawarkan pulau ini adalah hamparan pasir putihnya yang menyambut tiap pengunjung yang datang. Hamparan pasir putih ini mengelilingi pulau, pengunjung dapat berjalan kaki untuk mengelilingi pulau atau bisa juga menyewa kapal milik warga untuk memuaskan destinasi wisata pengunjung. Hanya dengan berdiri di atas gugusan karang yang dengan mudah pengunjung temui pengunjung dapat menyaksikan biota laut yang bermacam-macam jenisnya dan sangat indah.

Banyak cara pengunjung untuk menikmati pesona alam Pulau Enggano, Anda bisa berenang di birunya air laut yang memberikan kesejukan dan berbagai sensasi yang dahsyat saat pengunjung mencoba menangkap ikannya dan kemudian menikmati ikan-ikan itu dengan membakarnya. Atau berjalan sepanjang hamparan pasirnya yang putih berkilauan saat terkena sinar matahari. Bahkan hanya duduk-duduk di pinggiran pantainya saja pengunjung akan mendapatkan sensasi alam yang menakjubkan.

Berkunjung ke Pulau Enggano akan memberikan suasana damai yang tak terlupakan bagi siapa saja, dan selain pengunjung dapat menikmati birunya samudera yang membentang, pengunjung dapat menikmati pesona obyek wisata yang berada di pulau tersebut. Di pulau ini Anda dapat menikmati obyek wisata Taman Burung Gunung Nanu'a dan sebuah wisata bahari yaitu Pantai Humo. Pengunjung akan menemui spesies burung langka yang hanya pengunjung dapat lihat di Taman Burung Gunung Nanu'a. Kedua spesies burung langka itu adalah burung kacamata Enggano dan burung celepuk Enggano. Terkadang kedua spesies burung langka ini dapat pengunjung jumpai di perkebunan warga.

Pulau Enggano menawarkan sejuta keindahan yang dapat memberikan kesan mendalam bagi pengunjungnya. Untuk mencapai pulau ini pengunjung dapat berlayar menuju pelabuhan Pulau Bai di Bengkulu pengunjung masih harus menempuh perjalanan selama setengah hari setelah itu sampailah pengunjung di Pulau Enggano dengan diantar oleh kapal penyeberangan menuju Dermaga Kahyapu, kemudian perjalanan pengunjung akan berakhir dengan menggunakan kapal vert yang hanya beroperasi 2 kali dalam seminggu. Sarana dan prasarana yang ada di Pulau Enggano masih sangat terbatas. Tapi bagi pengunjung dapat menginap dan mengistirahatkan tubuh di pemukiman warga yang dengan senang hati akan memberikan tumpangan berupa tempat tinggal dan menjamu dengan makanan mereka layaknya seorang tamu.

Do you have a picture of this article? Share it from your Instagram!