Pesona Patung Dewi Kwan Im yang Tertinggi di Asia ...

In Sumatera Utara
source:wongmuntilan.wordpress.com
source:madimuktiyonotravelnotes.wordpress.com
source:wongmuntilan.wordpress.com
Written by Riyan Adiyahasya Posted 30th May 2013, 3:48am
Rate this article 

Klenteng Vihara Avalokitesvara yang berada di Kota Pematang Siantar, Sumatera Utara, kerap kali ramai dikunjungi wisatawan dari berbagai tempat untuk berwisata religi. Keunikan dari klenteng tersebut ialah tak lain karena terdapat patung Dewi Kwan Im setinggi 22,8 meter, dan merupakan yang tertinggi di Indonesia dan Asia Tenggara.

Sosok Dewi Kwan Im adalah sosok seorang dewi cinta kasih sayang yang selalu dipuja oleh umat Buddha. Sejarahnya, Dewi Kwan Im merupakan Bodhisattva atau calon budha, yakni manusia yang hampir mencapai kesucian dan kesempurnaan. Selain itu, patung yang berdiri sejak tahun 2005 ini menjadi salah satu objek andalan pariwisata Kota Pematang Siantar. Terlihat dengan banyaknya pengunjung yang datang dari negeri seberang yang ingin melihat kemegahan patung Dewi Kwan Im.

Patung Dewi Kwan Im tersebut terbuat dari batu granit dimana proses pengerjaannya dikerjakan langsung di Negara China. Biaya yang harus dikeluaran untuk membuat patung ini pun mencapai sembilan milyar, dan proses pengerjaanya memakan waktu sekitar 3 tahun. Patung tersebut pun diberi penghargaan oleh Museum Rekor Indonesia (MURI) karena kemegahannya yang luar biasa.

Selain patung Dewi Kwan Im, di sekitar halam Vihara juga berdiri beberapa patung-patung lainnya, seperti patung beberapa shio yang diletakkan secara berurutan. Patung-patung tersebut memberikan eksotika tersendiri yang menambah keindahan bangunan vihara.

Sangat mudah untuk menemukan Vihara Avalokitesvara, karena letaknya yang strategis dan berada di jantung Kota Pematang Siantar. Tepatnya berada di Jalan Pane, Kecamatan Siantar Selatan. Jika dari Medan, untuk menuju kota kelahiran mantan wakil presiden Haji Adam Malik ini hanya memerlukan waktu sekitar 2 jam melalui perjalanan darat.

Do you have a picture of this article? Share it from your Instagram!