Pesona Batik di Kampung Laweyan

In Jawa Tengah
source:skyscrapercity.com
source:yogyakarta.panduanwisata.com
source:yogyakarta.panduanwisata.com
Written by Riyan Adiyahasya Posted 4th March 2013, 6:01am
Rate this article 

Kampung Batik Laweyan merupakan tempat bagi para pembatik tradisional yang terkenal di Kota Solo. Kampung Laweyan mempunyai luas kurang lebih 24 ha dan terdiri dari 3 blok. Kampung ini didesain sebagai kampung batik terpadu guna melestarikan seni batik di Indonesia. Bagi pecinta budaya dan seni batik, tempat ini bisa Anda jadikan tujuan liburan Anda, Anda bisa belanja sambil belajar mengenal dan membuat batik.

Seraya menyusuri kampung, Anda akan dimanjakan dengan hasil karya dari pengrajin- pengrajin batik yang berada di rumah para pengrajin masing- masing. Karena kampung ini mempunyai konsep 'Rumahku adalah galeriku', Anda bisa berkunjung ke setiap rumah warga untuk melihat dan membeli hasil karya mereka. Untuk harga Batik yang diproduksi di kampung ini, berkisar dari puluhan , ratusan ribu bahkan mencapai jutaan rupiah tergantung dari jenis kain dan motifnya.


Anda akan menemukan ratusan motif yang dibuat oleh tangan- tangan kreatif warga Kampung Laweyan. Di antara ratusan motif yang ada di kampung ini, Anda akan menemukan jarik yang menjadi ciri khas kampung Laweyan, yaitu jarik dengan motif Tirto tejo dan teruntum. Di kampung ini Anda juga bisa menyaksikan kesenian dari warga setempat, seperti kroncong, rebanan dan krawitan, yang menambah kesemarakan di dalam kampung Laweyan.

Selain hasil-hasil seni, di kampung ini Anda akan menemukan bangunan-bangunan yang sarat akan nilai sejarah, seperti rumah-rumah sisa-sisa kerajaan Mataram dan museum tokoh pendiri Serikat Dagang Islam, H. Samanhudi.

Di kampung ini Anda juga bisa belajar membatik. Banyak rumah produksi yang menawarkan untuk melihat dan mencoba langsung untuk membatik. Melihat, belanja dan belajar sekaligus bisa Anda dapati secara bersamaan di kampung ini. Jika anda sedang merencanakan liburan, tempat ini bisa anda jadikan tujuan liburan menarik anda bersama keluarga.

Do you have a picture of this article? Share it from your Instagram!