Pesona Abadi di Pantai Koka Flores

In Nusa Tenggara Timur
source:flickr.com
source:kaskus.co.id
source:lantunanhati.wordpress.com
Written by Aditya Tri Hutama Posted 6th October 2014, 3:59pm
Rate this article 

Pernakah Anda tahu bahwa di Flores Nusa Tenggara Timur terdapat sebuah pantai yang dulunya adalah tempat singgah para tamu-tamu dari Eropa khususnya dari Negara Belanda yang pada saat itu masih menjajah Bumi Pertiwi. Tempat ini sangat disukai warga asing Eropa pada dekade 90 an, dimana para tamu-tamu asing ini sangat menyukai suasana alam yang terjalin di pantai tesebut. Di dekat pantai ini juga terdapat perkebunan teh milik pengusaha Belanda yang pada saat itu sangat menggandrungi berkebun teh.

Tak banyak yang mengenal pantai ini sampai pada akhirnya beberapa tahun setelah masa kolonialisme berakhir di Nusantara ini baru banyak turis domestik yang tahu dan mau berkunjung ke pantai ini. Keindahannya seolah tak terjamah dari keramaian kota dan tersembunyi kilaunya. Pantai ini dikenal oleh masyarakat Flores bernama Pantai Koka, pantai berpasir halus dan berkilau keemasan ini seringkali ramai dikunjungi pada saat akhir pekan dan liburan panjang. Pantai Koka ini sering dikunjungi oleh para nelayan yang singgah dan beristirahat di tepi pantai, kita bisa berinteraksi dengan mereka sambil memanggang ikan bakar di teduhnya pepohonan kelapa yang teduh dan rindang. Sambil menikmati ikan bakar dari nelayan tersebut Anda bisa merasakan tentramnya hidup dengan melihat jauh memandang birunya laut di pantai ini.

Di sekeliling pantai ini kita juga dapat melihat dan memperhatikan rumah-rumah warga sekitar pantai yang unik dan sedikit purba. Di rumah-rumah warga pantai ini kita bisa menemui halaman rumah yang di dalamnya terdapat bongkahan batu besar yang disusun rapi layaknya ornamen koleksi zaman purba. Masyarakat Sikka menggemari hal ini untuk melestarikan keaslian budaya yang sudah ada sejak jama dulu. Taman batu ini bisa sangat mengagumkan jika Anda belum pernah melihat sebelumnya.

Di Pantai Koka ini semua masyarakatnya sangat ramah dan murah senyum, mereka merasa tidak terbatasi dengan kehadiran wisatawan yang singgah di tempat mereka.  Masyarakat disini sangat simpatik sekali dengan kedatangan para wisatawan yang berkunjung ke pantai,ini terlihat ketika kita mulai masuk di kawasan desa adatnya, selama 2 Km kita berjalan masuk ke tepi pantai kita akan disambut dengan senyum sapa mereka yang ramah. Setelah berjalan menyusuri perkampungan akhirnya kita sampai di tepi pantai nan eksotik tersebut. Jika Anda sudah tidak sabar untuk segera menyegarkan badan selayaknya Anda bergegas untuk mandi di tepi pantai merasakan segarnya air laut yang biru kehijauan.

Di salah satu sudut pantai terdapat dua bukit yang membatasi antara pantai yang satu dengan pantai yang lain, Anda bisa menyusuri pasir pantai halus ini untuk berkunjung ke pantai yang ada disebelahnya. Selama perjalanan sejauh mata memandang pasti Anda akan mengucap syukur bahwa Sang Pencipta sangat luar biasa melukiskan panorama alam yang fantastis. Pantai Koka menyajikan hal-hal yang istimewa untuk para tamu-tamu agung nya, tak perlu ragu lagi untuk berkunjung ke Koka dan rasakan kenyamanan yang ada di pantai ini.

Do you have a picture of this article? Share it from your Instagram!