Peselancar Profesional - Ayo Taklukkan Ombak di G-Land

In Jawa Timur
source:intaninchan.wordpress.com
source:telusurindonesia.com
source:javassunrise.wordpress.com
Written by Aditya Tri Hutama Posted 14th January 2015, 2:04pm
Rate this article 

Mendapatkan predikat sebagai sebuah pantai yang memiliki ombak tinggi dan menantang tidaklah mudah. Banyak peselancar dunia menyebut Pantai G-Land sebaagai “The Seven Giant Waves Wonder”. Sebutan ini bukan tanpa alasan karena memang di pantai G-Land ini Anda akan mendapati ombak yang luar biasa besarnya. Tidak tanggung-tanggung ombak di G-Land mencapai tinggi 6 meter dan memiliki gulungan sebanyak 7 gulungan. Dengan predikat sebagai tempat berkumpulnya para surfer professional, pantai G-Land mudah terkenal ke senatero penjuru dunia.

Awalnya G-Land bernama Pantai Plengkung, seiring dengan berkembangnya jaman dan untuk cepat mempopulerkan pantai ini ke dunia maka disisipkanlah nama lain dari Pantai Plengkung. Singkatan huruf G di depan nama “Land” banyak mengandung arti, beberapa mengartikan sebagai sebuah gambaran ombak yang besar “Great” dan sebagian lagi mengartikan sebagai sebuah lokasi pantai yang hijau “Green”. Perpaduan yang sangat pas untuk sebuah pantai tempat surganya para peselancar dunia unjuk gigi. Indonesia harusnya berbangga dan menjaga kelestarian lingkungan yang ada di sekitar Pantai G-Land ini, agar para wisatawan yang datang ke pantai betah dan nyaman dengan suasana yang ada.

Karakteristik ombak yang berbeda di G-Land menjadikan pantai ini sangat diminati oleh pesenlancar dunia. Dengan ketinggian yang cukup menantang dan mempunyai interval pecah ombak yang agak lama menjadikan peselancar dapat menikmati gulungan ombak cukup lama. Dibutuhkan waktu interval kurang lebih 5 menit untuk mencapai gulungan ombak yang sangat besar. Dengan pertimbangan itulah Pantai Plengkung ini beberapa kali menjadi tuan rumah ajang surfing Internasional. Terhitung sudah lima kali Plengkung menjadi tuan rumah ajang para surfer beradu dengan gulungan ombak.

Ombak di Pantai Plengkung ini juga sangat diminati oleh para surfer kidal, karena ombak rakasasa yang hadir di tengah laut bersusun ke arah kiri “go to left”. Ini sangat cocok untuk ditaklukkan oleh para peselancar kidal. Menurut informasi yang berkembang, ombak di Plengkung ini adalah ombak terbaik kedua di dunia setelah ombak di Hawaii. Berbeda dengan di Hawaii yang sudah menjadi surga para surfer terlebih dahulu degan ombak sepanjang tahunnya, Plengkung masih dinobatkan diurutan kedua karna ombaknya masih berada di bulan-bulan tertentu (April-Agustus).

Jika Anda bukan peselancar bukan berarti Anda tidak bisa berwisata di Pantai Plengkung ini. Anda masih dapat menikmati keindahan alam dipadu dengan pemandangan langkah para surfer yang lagi aksi di tengah laut. Anda bisa menyusuri pantai dengan pasir putih nan mengkilat ini dengan berjalan-jalan santai di tepiannya. Sejauh mata memandang Anda akan merasakan kedamaian dan semilir angin pantai yang sepoi-sepoi. Memasuki jam 10 siang Anda bisa menyaksikan para surfer yang bersiap-siap hendak melakukan kegiatannya. Anda bisa langsung berteduh di rumah panggung yang sudah disiapkan pengelola untuk para wisatawan yang ingin menyaksikan atraksi para surfer dunia ini.

Jika Anda hobi dengan seni fotografi jarak jauh ini akan sangat memanjakan Anda dengan hobi tersebut. Akan banyak sekali atraksi yang tersaji di tengah laut. Persenjatailah Anda dengan lensa kamera binocular untuk menjangkau jarak yang jauh di tengah laut. Abadikanlah setiap momen atraksi para peselancar professional tersebut.

Tidak hanya disitu saja kenikmatan yang bisa Anda dapatkan di Pantai Plengkung ini, jika Anda ingin berlatih dan belajar mengenai olahraga selancar pengelola juga menyediakan banyak pelatih untuk mengajari Anda berlatih selancar. Ada satu spot yang memang khusus dipergunakan untuk peselancar pemula, spot ini dikenal dengan spot “twenty-twenty”. Letak spot ini ada di Pantai Batu Lawang, dengan ombak yang tidak terlalu besar sangat cocok untuk digunakan belajar para surfer pemula. Anda penasaran dengan keindahan Pantai Plengkung ini, Ayo segera merapat ke Banyuwangi untuk singgah di G-Land.

 
 

Do you have a picture of this article? Share it from your Instagram!